Starter Kit untuk War di Gim Battle Royal dan MOBA!

Selasa, 24 November 2020 - 11:22 WIB
loading...
Starter Kit untuk War di Gim Battle Royal dan MOBA!
Selama masa pandemi, bermain gim menjadi aktivitas yang paling diminati. Foto/Koran SINDO/Danang Arradian
A A A
Selama masa pandemi, bermain gim menjadi aktivitas yang paling diminati. Tidak hanya melepas penat dan tetap terhubung dengan teman lewat mabar (main bareng), beberapa bahkan juga mengikuti berbagai kompetisi gim yang dihelat selama pandemi Covid-19.

Sebagian besar ponsel memang bisa digunakan untuk bermain gim. Namun, tidak semua smartphone nyaman saat digunakan untuk bermain gim berat, seperti Battle Royal ataupun gim multiplayer online battle area (MOBA).

Nah, KORAN SINDO mencoba memberi rekomendasi terkait bagaimana memilih smartphone yang nyaman digunakan untuk ngegim, termasuk starter pack yang bisa dimiliki agar kegiatan mabar bisa lebih maksimal. Apa saja? (Baca: Diunduh 100 Juta Sepekan, Game Call of Duty Raja Game Batle Royal)

Memilih Brand

Tentu saja, ada banyak pilihan smartphone yang bisa digunakan untuk ngegim . Namun, ada beberapa merek yang memang terbukti digunakan oleh atlet e-sports. Salah satunya Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A71.

Kedua smartphone tersebut sudah digunakan di turnamen e-sports Piala Kemenpora yang dihelat pada Agustus hingga 13 Oktober 2020. Di kompetisi tersebut, semua atlet yang bertanding menggunakan ponsel Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A71.

Spesifikasi

Menurut data GfK, selama pandemi pertimbangan konsumen dalam memilih ponsel berubah drastis. Kini, konsumen tidak terlalu mementingkan kamera. Namun, RAM, CPU/prosesor, serta memori internal, justru jadi tiga hal yang dianggap paling penting. Dan ini sangat relevan ketika ponsel akan digunakan untuk bermain gim.

Teorinya sederhana, semakin besar RAM dan semakin tinggi prosesor, maka semakin lancar konsumen memainkan gim-gim berat. (Baca juga: Siap-siap! Selekasi PPPK Guru Honorer Segera Dibuka)

Samsung A71 sendiri dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 730G Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 470 Silver) dengan GPU Adreno 618, serta RAM 8GB dan memori internal 128 GB.

Sementara itu, Samsung A51 memakai prosesor Exynos 9611 Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53) dan GPU Mali-G72 MP3. Adapun RAM yang digunakan 6GB yang sudah cukup tinggi, sementara memori internalnya 128GB.

Layar

Menyoal layar, tolok ukur utamanya hanya dua, yakni ukuran dan ketajaman. Tentu saja, layar yang kecil membuat bermain gim tidak nyaman. Sebaliknya, ukuran layar yang lebar akan memengaruhi kepuasan seorang gamer dalam memainkan game.

Ketajaman layar tentu saja juga penting. Karena semakin detail grafik dan tampilan yang didapat pengguna. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah sensitivitas layar ketika memainkan gim cepat, seperti PUBG: Mobile.

Samsung A71 menggunakan layar yang lebar dan tajam. Yakni Super AMOLED Plus, 6,7 inci, FHD+ (1080 x 2400 piksel), dan aspect ratio 20:9. Sementara Samsung A51 dilengkapi Super AMOLED, 6,5 inci, FHD+ (1080 x 2400), aspect ratio 20:9. (Baca juga: Tips Memilih Dokter untuk Konsultasi Anak)

Baterai

Tentu gamer akan terganggu jika bermain gim MOBA atau battle royal lalu sisa baterai tinggal 20%. Jelas baterai smartphone krusial dalam bermain game mobile. Baterai Samsung A71 sendiri dibekali baterai 4.500mAh dengan Super Fast Charging 25W. Sementara Samsung A51 memakai baterai 4.000 mAh dengan fast charging 15W.

Gamepad

Gamepad atau joypad atau control pad merupakan tipe controller permainan video yang sedikit meningkatkan kenyamanan saat bermain gim . Karena selain lebih nyaman dipegang, juga memiliki tombol bantuan agar pengguna bisa bereaksi lebih cepat saat menembak.

AI Gaming Booster

AI Game Booster di Galaxy A71 dan Galaxy A51 adalah fitur penunjang yang sangat penting. Fitur ini ketika diaktifkan akan mengoptimalkan prosesor dan RAM di ponsel agar bisa berjalan secara maksimal. Termasuk mematikan notifikasi yang masuk sehingga permainan gim tidak akan terganggu. (Lihat videonya: Hati-hati modus Penipuan Modifikasi ATM)

TWS Galaxy Buds

Saat main PUBG atau Mobile Legends, tentu saja koordinasi dengan rekan setim sangat penting untuk menyusun strategi dan meraih kemenangan. Dikombinasikan dengan Galaxy Buds Live atau Galaxy Buds+, konsumen bisa lebih nyaman mendengarkan desing peluru serta menjaga komunikasi dengan tim. (Danang Arradian)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2276 seconds (0.1#10.140)