Tips Nyaman WFH dengan Manfaatkan Fitur di WhatsApp

Kamis, 16 April 2020 - 13:07 WIB
loading...
Tips Nyaman WFH dengan Manfaatkan Fitur di WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Sudah berminggu-minggu semenjak pemerintah mehimbau masyarakat untuk melakukan social distancing dengan melamenjalankan aktivitas dari rumah demi memutus mata rantai pandemi COVID-19.

Selama itu pula, pengguna aplikasi WhatsApp naik 40 persen di kalangan pengguna usia 18 sampai 34 tahun, menurut riset dari Kantar yang dikutip dari keterangan resmi WhatsApp Indonesia, Kamis (16/4/2020).

Berikut beberapa fitur WhatsApp yang dapat digunakan untuk menunjang bekerja dari rumah:

1. Tandai pesan penting dengan fitur “bintang” (star)

Ketika bekerja dari rumah, hampir sebagian besar koordinasi soal kerjaan mungkin terjadi di WhatsApp dan bukan tidak mungkin Anda tergabung ke dalam grup WhatsApp baru.

Di WhatsApp, Anda bisa menandai pesan-pesan penting yang Anda kirimkan di grup maupun di ruang chat, sehingga dapat dengan mudah untuk menemukannya kembali di kemudian hari. Bagaimana caranya? Ketuk dan tahan pesan yang ingin Anda beri bintang > Ketuk Bintang.

2. Sesuaikan notifikasi
Saat sedang bekerja, pengguna bisa menerima banyak sekali notifikasi pesan WhatsApp yang amsuk sehingga mengganggu konsentrasi.

Gunakan notifiukasi khusus unutk grup atau obrolan pribadi sesuai dengan prioritas pengguna. Jika perlu, bisukan atau mute grup dan obrolan yang tidak terlalu penting.

Untuk mengustomisasi notifikasi, pertama buka chat yang ingin Anda sesuaikan, ketuk nama chat individual atau grup tersebut, ketuk Notifikasi khusus dan kemudian centang Gunakan notifikasi khusus.

Jika Anda membutuhkan konsentrasi dan fokus yang lebih besar saat bekerja, Anda juga dapat membisukan notifikasi dengan membuka chat individual atau grup, ketuk nama chat individual atau grup tersebut, dan ketuk Bisukan notifikasi. Pilih jangka waktu yang Anda inginkan untuk membisukan notifikasi, lalu ketuk OK.

3. Sematkan obrolan.

Fitur sematkan chat memungkinkan Anda untuk menyematkan grup kerja ke bagian atas daftar chat. Anda tidak akan lagi kesulitan mencari-cari grup kerja Anda di antara tumpukan chat-chat lainnya.

Untuk pengguna iPhone, geser ke kanan chat yang ingin Anda sematkan, lalu ketuk Sematkan. Sementara untuk pengguna Android, ketuk dan tahan chat yang ingin Anda sematkan, lalu ketuk Sematkan chat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9413 seconds (0.1#10.140)