Begini Cara Mudah Take Down Akun Media Sosial yang Kita Benci

Selasa, 17 November 2020 - 23:19 WIB
loading...
Begini Cara Mudah Take Down Akun Media Sosial yang Kita Benci
Tampak sejumlah media sosial yang ada di dunia maya. Masing-masing platform punya aturan untuk men-take down akun yang tidak disukai seseorang. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Viral di media sosial petisi yang berisi pelarangan mengunggah foto Habib Rizieq Shihab di Facebook dan Instagram. Tak hanya foto, tulis serta video yang berkaitan dengan Habib Rizieq Shihab dan Front Pembela Islam (FPI) juga dilarang ada di kedua media sosial tersebut.

Petisi tersebut menuding larangan dilakukan atas suatu arahan dari pihak lain. Sebab tidak mungkin jika perusahaan media sosial global melakukan hal tersebut. (Baca juga: Viral Petisi Facebook Larang Unggahan Terkait Habib Rizieq, Kominfo Buka Suara )

Petisi yang dibuat oleh Rizqi Awal tersebut meminta Facebook dan Instagram untuk membuka dan mencabut pelarangan unggahan yang terkait Habib Rizieq Shihab. Petisi ini sudah ditutup dan mencapai 657 dukungan.

Sehubungan dengan hal ini SINDOnews sudah mencoba menghubungi pihak Facebook, namun belum ada tanggapan dari raksasa media sosial asal Amerika Serikat itu. (Baca juga: Larang Unggahan Pendiri FPI, Facebook Dibisikin Tim Lokal Anti-Habib Rizieq? )

Di laman bantuan Facebook, pengelola paltform menyebutkan beberapa kemungkinan pihaknya memblokir aktivitas pengguna.

Pertama, postingan yang suatu akun buat atau bagikan dianggap mencurigakan atau tidak pantas oleh sistem keamanan Facebook. Selain itu, pesan atau permintaan pertemanan yang pengguna kirimkan ditandai sebagai tidak diinginkan.

Kemudian, Facebook menemukan bahwa pengguna melakukan aktivitas yang tidak mematuhi Standar Komunitas. Sedangkan lama pemblokiran tergantung pada tingkat keparahan pelanggaran dan riwayat pengguna di Facebook.

Pengguna juga bisa melaporkan ke Facebook dan pihaknya akan membantu mengidentifikasi dan mengatasi masalah jika ada sesuatu yang tidak berfungsi dengan baik.

Dengan memberikan detail, misalnya menambahkan cuplikan layar dan deskripsi, pengguna akan membantu Facebook menemukan masalahnya. "Dengan melapor saat terjadinya masalah, Anda membantu meningkatkan Facebook dan kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk memberikan informasi ini kepada kami," tulis Facebook.

Berikut cara untuk melaporkan adanya masalah:
1. Login ke Facebook di komputer.
2. Klik di kanan atas Facebook.
3. Pilih Bantuan & Dukungan > Laporkan Masalah, lalu ikuti petunjuk di layar.

Jika Anda ingin melaporkan hal lain atau mengatasi masalah lain:
1. Pelajari cara melaporkan penyalahgunaan atau spam.
2. Ketahui hal yang bisa pengguna lakukan jika diblokir sehingga tidak bisa menggunakan fitur tertentu, akun Anda dinonaktifkan, atau Anda kesulitan untuk login.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)