USB Konektor Berkecepatan Tinggi Meluncur Tahun Depan

Sabtu, 09 Mei 2020 - 19:00 WIB
loading...
USB Konektor Berkecepatan Tinggi Meluncur Tahun Depan
DisplayPort 2.0 dapat meningkatkan dukungan terhadap penggunaan lebih dari satu displai sekaligus. Ini juga meningkatkan pengalaman pengguna dengan displai untuk extended reality. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - USB konektor masih menjadi kendala bagi beberapa orang dalam melakukan transfer data atau sejenisnya. Mereka mengeluhkan proses pemindahan data yang masih membutuhkan waktu lama.

Pekan lalu, Asosiasi Standar Elektronik Video (VESA) mengumumkan mereka telah merilis mode Alternatif DisplayPort (Mode Alt) versi 2.0. DisplayPort Alt Mode 2.0 memberikan interoperabilitas yang mulus dengan spesifikasi USB4 terbaru.

USB Implementers Forum (USB-IF) mengeluarkan versi terbaru DisplayPort Alt Mode 2.0 melalui konektor USB Type-C (USB-C). Dengan DisplayPort Mode Alt, konektor USB-C dapat mentransmisikan data video DisplayPort hingga 80 Gigabits per detik (Gbps).

USB-C menggunakan empat jalur berkecepatan tinggi dalam kabel. Ini berarti kemampuan yang dimiliki mencapai 40 Gbps dengan pengiriman data SuperSpeed USB secara bersamaan.

VESA masih mengantisipasi produk pertama yang menggabungkan DisplayPort Alt Mode 2.0 untuk muncul di pasar. Mereka berencana mengeluarkannya di tahun 2021.

Sebenarnya, DisplayPort 2.0 sudah diperkenalkan Pada Juni 2019 dengan peningkatan bandwidth teoritis hingga 3 kali lebih cepat dibandingkan DisplayPort versi sebelumnya. DisplayPort 1.4 hanya memiliki bandwith teoritis maksimal 32 Gbps. Ini menjadikan DisplayPort 2.0 memiliki kemampuan yang memenuhi standar untuk tampil di masa depan.

USB4 tipe-C memiliki efisiensi tinggi karena menggunakan skema pengkodean 128b/132b. Ini dapat memberikan muatan maksimum 77,37 Gbps di empat lajur. Masing-masing lajur akan memiliki kapasitas hingga 19,34 Gbps.

VESA mengklaim bahwa DisplayPort 2.0 dapat digunakan untuk mengirim video dengan resolusi melebihi 7.680 × 4.320 piksel alias melebihi 8K tanpa kompresi. Sedangkan pada resolusi 15360 × 8460 atau 16K dilakukan dengan kompresi.

Selain itu, DisplayPort 2.0 dapat meningkatkan dukungan terhadap penggunaan lebih dari satu displai sekaligus. Ini juga meningkatkan pengalaman pengguna dengan displai untuk extended reality.

"Spec DisplayPort Alt Mode yang diperbarui dari VESA mencakup sejumlah pengembangan, termasuk pembaruan untuk penemuan antarmuka dan konfigurasi serta manajemen daya, untuk memastikan integrasi tanpa batas dengan spesifikasi USB4," kata Craig Wiley, direktur senior pemasaran di Teknologi Parade dan pemimpin sub-kelompok DisplayPort Alt Mode, dikutip dari laman VESA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)