Mau Jadi Super App, WhatsApp Luncurkan Layanan Pembayaran

Sabtu, 07 November 2020 - 20:01 WIB
loading...
Mau Jadi Super App, WhatsApp Luncurkan Layanan Pembayaran
Ilustrasi WhatsApp. FOTO/ IST
A A A
MENLO PARK - WhatsApp akhirnya meluncurkan layanan pembayaran gratis di India. Langkah ini membuat aplikasi perpesanan populer tersebut selangkahlebih dekat ke status 'super app' di negara dengan pasar internet terbesar kedua di dunia tersebut.



"Orang-orang bisa mengirimkan uang kepada anggota keluarga dengan aman atau membayar barang dari jarak jauh tanpa harus bertukar uang secara langsung atau pergi ke bank lokal," tulis WhatsApp dalam postingan blog, dikutip dari Cnet, Sabtu (7/11/2020).

"Pengalaman pembayaran yang aman ini membuat transfer uang semudah mengirim pesan," sambung WhatsApp.

Layanan ini diketahui telah diuji coba secara terbatas di India sejak 2018. Sejak itu WhatsApp hanya tinggal menunggu persetujuan peraturan untuk meluncurkan layanan pembayaran ini secara luas.

Lewat layanan pembayaran ini pengguna bisa menghubungkan rekening bank mereka ke aplikasi dan mengirim uang ke orang lain.

Perusahaan milik Facebook ini meluncurkan layanan pembayaran digital dalam 10 bahasa daerah India di aplikasi Android dan iOS.

WhatsApp membangun layanan pembayaran ini menggunakan sistem UPI, infrastruktur pembayaran yang dikembangkan oleh beberapa bank terbesar di India.

Dengan tambahan fitur pembayaran digital, WhatsApp memasuki pasar yang sudah ramai ditempati pemain lama seperti Walmart's PhonePe, Google Pay, dan Paytm yang didukung Alibaba.

Namun, itu membawa WhatsApp lebih dekat ke tujuan awalnya yakni menjadi 'super app' di India, di mana ia telah mengumpulkan lebih dari 400 juta pengguna.

Apa yang disebut super apps bukanlah bagian dari lanskap teknologi di Amerika Serikat, ada beberapa yang bersaing di Asia termasuk WeChat China, Grab Singapura, dan GoJek Indonesia.

Super app pada dasarnya adalah aplikasi seluler all-in-one yang menawarkan beragam fitur dan layanan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk memesan pengiriman makanan dan memesan tumpangan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2495 seconds (0.1#10.140)