Dua Institusi Sediakan Teknologi untuk Mudahkan UMKM Bertransaksi Online

Kamis, 05 November 2020 - 23:58 WIB
loading...
Dua Institusi Sediakan Teknologi untuk Mudahkan UMKM Bertransaksi Online
Flip.id dan PT Bank DBS Indonesia bekerja sama memudahkan masyarakat dan UMKM bertransaksi keuangan secara online. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wabah virus Corona mengubah cara hidup kita dalam berbagai hal, termasuk cara bertransaksi keuangan . Kini, semakin banyak masyarakat yang memerlukan ketersediaan teknologi untuk memfasilitasi mereka dalam melakukan transaksi keuangan secara online. (Baca juga: Wuss...Patroli Siber Satgas Investasi Blokir 206 Fintech Ilegal )

Peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap hal tersebut tercermin dari pertumbuhan pengguna layanan keuangan berbasis online, salah satunya Flip.id. Aplikasi yang menyediakan layanan transfer gratis antarbank tersebut mencatat adanya peningkatan pengguna sebanyak hampir 100% atau dua kali lipat selama pandemik berlangsung dibanding sebelum wabah COVID-19 terjadi.

“Kami melihat peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi kirim uang secara online, yang sebelumnya lebih banyak didominasi penggunaan ATM," kata Rafi Putra Arriyan, CEO dari Flip.id, saat konferensi pers kerja sama dengan PT Bank DBS Indonesia secara virtual, Kamis (5/11/2020).

Selain itu, sambung dia, pandemik juga membuat banyak orang memperketat pengeluaran mereka. Sehingga layanan transfer antarbank gratis yang ditawarkan oleh Flip.id bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi pengeluaran. "Hal ini terlihat dari jumlah pengguna Flip.id yang semakin meningkat di era pandemik,” ujar Rafi.

Untuk senantiasa memenuhi kebutuhan transfer antarbank dari masyarakat yang kian meningkat, Flip.id menggandeng PT Bank DBS Indonesia sebagai mitranya. Solusi teknologi yang dimiliki PT Bank DBS Indonesia, yakni DBS RAPID memungkinkan Flip.id dapat menjalankan proses transfer antarbank bagi nasabahnya dengan lancar dan tanpa hambatan.

DBS RAPID mengintegrasikan pemrosesan secara real time terkait pembayaran, dan mempermudah transaksi bisnis di jaringan (ekosistem) mereka. Pemenuhan transaksi real time tidak hanya meningkatkan efisiensi untuk nasabah korporasi PT Bank DBS Indonesia dan penghematan biaya, tapi juga memberikan pengalaman dan menempatkan nasabah korporasi sebagai pemimpin pasar di industrinya.

Melalui layanan perbankan korporasi DBS RAPID, PT Bank DBS Indonesia memungkinkan nasabah korporasinya dapat mengubah alur kerja operasionalnya menjadi digital dengan proses yang lancar tanpa hambatan.

“Kami selalu berupaya untuk membantu nasabah korporasi kami dalam melakukan bisnisnya, salah satunya Flip.id. DBS RAPID memungkinkan koneksi langsung antara sistem Flip.id dengan sistem PT Bank DBS Indonesia, sehingga Flip.id dapat memberikan instruksi untuk transaksi langsung dari sistem mereka tanpa harus melakukan login ke portal internet banking,” timpal Husin Hartono, Head of Sales Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia.

Senada dengan Husin, Angela Thenaria, Head of Institutional Banking Group 4 PT Bank DBS Indonesia, mengatakan, pihaknya senantiasa berupaya menyediakan layanan perbankan korporasi yang mengakomodir kebutuhan nasabah korporasinya, sehingga memudahkan mereka menjalankan bisnisnya.

"Salah satunya adalah PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi atau Flip.id yang telah menjadi nasabah kami sejak tahun 2019. Sebagaimana Flip.id memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antarbank secara real time dan tanpa biaya, kami sebisa mungkin mendukung Flip.id menjalankan bisnisnya dengan solusi teknologi yang mulus dan tanpa hambatan,” tutur Angela.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9208 seconds (0.1#10.140)