Siap-Siap, Konsumen Indonesia Bisa Belanja Langsung Lewat Aplikasi WhatsApp

Kamis, 22 Oktober 2020 - 19:58 WIB
loading...
Siap-Siap, Konsumen Indonesia Bisa Belanja Langsung Lewat Aplikasi WhatsApp
Para pengguna WhatsApp di Indonesia bisa membeli barang dan bertransaksi langsung lewat aplikasi WhatsApp.
A A A
JAKARTA - Tidak hanya untuk komunikasi pribadi, penggunaan WhatsApp di Indonesia semakin bergeser ke untuk melakukan transaksi bisnis. BACA JUGA: 4 Kamera, 64 MP, Rp3 jutaan, Ini Fitur Kamera Terbaik Poco X3 NFC

Lewat keterangan resminya, WhatsApp menyebut bahwa cara-cara yang sebelumnya digunakan oleh pengguna dan bisnis untuk berkomunikasi, sudah tidak lagi efektif.

”Bisnis harus mengelola panggilan telepon, email, dan SMS. Padahal pengguna tidak ingin menunggu panggilannya tersambung ke bisnis, ditransfer dari satu orang ke orang yang lain, atau bertanya-tanya apakah pesan yang mereka kirim telah diterima,” tulis blog resmi WhatsApp.

Di masa pandemi, perubahan yang terasa adalah bisnis memerlukan cara yang cepat dan efisien untuk melayani pelanggan dan mendorong penjualan.
Setiap hari, lebih dari 175 juta orang mengirim pesan ke akun WhatsApp Business.

”Riset kami menunjukkan bahwa pengguna lebih suka mengirim pesan ke bisnis, daripada cara-cara lain, untuk mendapatkan bantuan, dan kemungkinan besar akan melakukan pembelian jika mereka dapat melakukan hal tersebut,”.

Dalam dua tahun terakhir aplikasi WhatsApp Business dan WhatsApp Business API diklaim sudah membantu bisnis dalam berbagai skala untuk mengelola percakapan.

”Kami yakin WhatsApp dapat membuat perpesanan menjadi cara terbaik untuk menghubungkan pelanggan dan bisnis,”. Nah, berikut adalah fitur baru WhatsApp:

Belanja Langsung dari WhatsApp
Siap-Siap, Konsumen Indonesia Bisa Belanja Langsung Lewat Aplikasi WhatsApp

Nantinya pengguna WhatsApp bisa melihat produk dari akun WhatsApp Business, bahkan langsung melakukan pembelian dari chat.

Bagi UKM/pemilik bisnis, mereka dapat mengintegrasikan fitur belanja, etalase untuk memajang produk, serta solusi pelanggan yang sudah mereka miliki saat ini.
Fitur ini diharapkan dapat membantu banyak bisnis kecil sebagai pihak yang paling merasakan dampak dari pandemi.

Meski demikian, masih belum jelas metode pembayaran seperti apa yang akan digunakan. Yang sudah pasti, Indonesia menjadi negara pertama yang akan memiliki tombol “Belanja”.

BACA JUGA:10 Alasan Poco X3 NFC Layak Disebut The Real Mid Range Killer

Facebook Buka Layanan Hosting di WhatsApp
Agaknya Facebook sebagai pemilik WhatsApp mulai melakukan monetisasi terhadap layanan perpesanan ini.

Mereka menyediakan opsi baru kepada bisnis untuk mengelola pesan WhatsApp melalui layanan hosting yang rencananya akan ditawarkan oleh Facebook.

”Keberadaan opsi ini diharapkan mempermudah bisnis kecil dan menengah untuk memulai bisnis, menjual produk, memperbarui inventaris, dan merespons dengan cepat pesan yang mereka terima, di mana pun karyawan mereka berada,”.

Bisa jadi, nantinya UKM yang memiliki WhatsApp Business akan bisa menjual produk, menggonta-ganti inventaris produk, serta merespons dengan cepat pesan dari konsumen.

BACA JUGA:Duel Terseru di 2020, Realme 7 vs Poco X3 NFC, Siapa Terbaik di Rp3 Jutaan?

Layanan WhatsApp Business Akan Berbayar
WhatsApp mengaku akan mengenakan biaya untuk sebagian layanan yang di tawarkan kepada bisnis yang menjadi pelanggan mereka. Jadi, monetisasi WhatsApp ditargetkan untuk pemilik bisnis/UKM.

Layanan “Belanja” akan pertama diluncurkan di Indonesia. Sementara layanan-layanan lainnya akan bertahap dirilis dalam beberapa bulan mendatang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)