Wow, Gen Z Belanjakan Rp80 Ribu Perbulan Hanya untuk Paket Data

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 14:36 WIB
loading...
Wow, Gen Z Belanjakan Rp80 Ribu Perbulan Hanya untuk Paket Data
Belanja paket data pelajar meningkat seiring kebutuhan pembelajaran jarak jauh. Karena itu mereka menginginkan paket data murah, cepat, dan unlimited.
A A A
JAKARTA - Bagi para milenials, kebutuhan utama adalah sandang, papan, dan pangan. Tapi, untuk Gen Z atau pelajar, kebutuhan itu bertambah satu: kuota data. BACA JUGA :13 Fitur Keren Galaxy Buds Live yang Sayang Jika Tidak Digunakan

Begitu pentingnya kuota data bagi mereka, hingga setiap bulannya Gen Z yang memiliki keuangan terbatas mengaku harus pintar-pintar membagi dan mengatur pengeluaran.

Survei lembaga survei Populix dengan melibatkan 141 pelajar menyebut, Tri menjadi operator seluler paling favorit di kalangan para pelajar dengan persentase sebesar 26%. Alasannya, karena paket data mereka paling terjangkau.

Wow, Gen Z Belanjakan Rp80 Ribu Perbulan Hanya untuk Paket Data


Posisi kedua ditempati oleh Telkomsel dan Indosat yang memiliki persentase sebesar 23%. Sedangkan XL dan Smartfren berada di posisi terbawah dengan persentase 11%.

Selain harga terjangkau, survei Populix juga mencatat bahwa 40% gen Z juga menginginkan jaringan stabil. Disusul harga paket data unlimited yang lebih terjangkau.
Harga murah, kecepatan internet ngebut, dan ketersediaan paket unlimited menjadi alasan utama bagi Gen Z memilih operator.

Ini wajar, karena ternyata uang yang mereka habiskan untuk membeli paket data terus meningkat. Selama PSBB transisi sejak Agustus sampai September 2020, gen-Z rata-rata menghabiskan sekitar Rp70 ribu-80 ribuan per bulan hanya untuk membeli paket data.

Ini karena makin tingginya kebutuhan belajar online. Zoom menjadi aplikasi video conference paling banyak digunakan oleh Gen-z untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan persentase mencapai 42%. Diikuti aplikasi Google Meet sebesar 35%.

BACA JUGA :Ini Beda Qualcomm Snapdragon 800, 700, 600, 400, dan 200

Berbeda dengan gen-Z yang didominasi pelajar, kaum pekerja dengan menempatkan Telkomsel sebagai operator seluler yang paling difavoritkan dengan persentase 35%. Disusul kemudian Indosat dan Tri dengan persentase 21%. XL menempati posisi ketiga dengan persentase 12%, sementara Smartfren hanya 4%.

Wow, Gen Z Belanjakan Rp80 Ribu Perbulan Hanya untuk Paket Data


Survei yang dilakukan Populix kali ini melibatkan ratusan responden yang berada di Jakarta dan Bodetabek dengan rentang usia mulai dari pelajar di bawah usia 18 tahun hingga pekerja di atas 40 tahun.

Populix sendiri merupakan platform market research yang bisa membantu pelaku usaha dalam mencari tahu kebutuhan pasar dengan lebih dari 130 ribu responden di berbagai wilayah di Indonesia.

BACA JUGA:Cari TWS Terbaik? Ini Beda Galaxy Buds Live dan Galaxy Buds+

Selama masa pandemi, Populix juga kerap mendorong para pelaku usaha untuk terus melakukan berbagai inovasi bisnis serta menekankan pentingnya data agar pelaku bisnis dapat mengenal lebih dalam lagi mengenai perubahan kebutuhan konsumen saat ini.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)