HCL Technologies dan Nutanix Sediakan Solusi Database sebagai Layanan

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 06:01 WIB
loading...
HCL Technologies dan Nutanix Sediakan Solusi Database sebagai Layanan
Strategi hybrid dan multicloud akan mendukung pemulihan Indonesia di realitas pasca-pandemi. Perusahaan-perusahaan akan melakukan optimalisasi lisensi database-nya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Nutanix meluncuran solusi manajemen multi-database pertama yang bersifat cloud agnostic alias bisa beroperasi di cloud manapun. Dinamai Era 2.0, solusi baru ini memperluas jangkauan solusi manajemen database Nutanix menjadi lintas cloud dan cluster, sehingga menyederhanakan operasional melalui peningkatan skala dan pengurangan biaya untuk tim IT dan database.

Selain itu, Nutanix juga mengumumkan dukungan yang semakin besar untuk Postgres dan SAP HANA. Ditambah sebuah solusi bersama dengan HCL, perusahaan teknologi global, yang memanfaatkan kekuatan Era 2.0. (Baca juga: Solusi Hybrid Cloud Dukung Operasional Konsisten di Lingkungan Multi-Cloud )

Dengan Era, tim IT dapat menyediakan database sebagai layanan (Database as a Service) yang memberikan kemudahan dengan satu klik tombol dan operasional yang tak terlihat dalam penyediaan dan lifecycle managament database. Ini adalah solusi multi-database yang didukung Oracle, Microsoft SQL Server, MySQL, dan MariaDB, selain Postgres dan SAP HANA.

“Strategi hybrid dan multicloud akan mendukung pemulihan Indonesia di realitas pasca-pandemi. Perusahaan-perusahaan akan melakukan optimalisasi lisensi database mereka serta mencari fleksibilitas, mobilitas aplikasi, serta inovasi – yang belum pernah kita jumpai dalam di bidang manajemen database multicloud sebelumnya,” kata Fetra Syahbana, Country Manager Indonesia, Nutanix.

Dia menjelaskan, Nutanix ingin menjembatani kesenjangan ini dengan menghadirkan solusi-solusi manajemen multi-database untuk digunakan cloud manapun yang akan menyederhanakan operasional dan mengurangi biaya. Dengan begitu dapat mamaksimalkan manfaat hybrid dan multicloud di masa depan.

“Di HCL, kami membantu para pelanggan mempercepat proses modernisasi data dan infrastruktur dengan solusi database as a service yang aman, skalabel dan cloud-ready. Kami mengakui layanan yang didukung Nutanix Era dan platform HCL akan memberikan platform database kelas dunia yang terotomatisasi untuk berbagai perusahaan,” ungkap Kalyan Kumar, Corporate Vice President and CTO, IT Services, HCL Technologies.

Pihaknya memiliki hubungan jangka panjang dengan Nutanix. Dengan Skale DB, perusahaan akan maju membantu para pelanggan mengoptimalkan sumber data dan mendorong inisiatif digital mereka.

Era 2.0 menyediakan manajemen database yang lebih sederhana dengan menggabungkan skalabilitas dan kinerja software HCI Nutanix, dengan fleksibilitas layanan database yang cloud-ready. Dengan pengumuman ini, maka perusahaan menyediakan sejumlah solusi. Di antaranya:

Manajemen Database yang Lebih Sederhana
Nutanix Era 2.0 memungkinkan pelanggan menyediakan dan mengelola database di berbagai cloud dengan tools, standar, dan kebijakan keamanan yang konsisten. Sehingga mereka memiliki fleksibilitas dalam memilih cloud yang tepat untuk setiap database guna meningkatkan kelincahan dan meminimalisir biaya.

Fetra mengutarakan, Era 2.0 juga menyederhanakan operasional di berbagai kluster dan data center yang terdistribusi, sehingga skalabilitasnya menjadi sangat signifikan. Di samping itu, proses penyediaan, cloning dan patching dapat dilakukan dengan 1 klik saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5950 seconds (0.1#10.140)