Di Masa Depan, Layar Ponsel Bukan Lagi Kaca tapi Kayu Transparan

Selasa, 06 Oktober 2020 - 08:24 WIB
loading...
Di Masa Depan, Layar Ponsel Bukan Lagi Kaca tapi Kayu Transparan
Kayu transparan yang ditemukan peneliti memiliki karakteristik yang sangat menarik. Ini lebih tahan lama dan ringan dari kaca biasa dan bengkok. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Saat dunia sibuk menciptakan layar kaca fleksibel untuk ponsel dengan layar yang bisa dilipat , ada peneliti yang mencoba memberikan tampilan berbeda bahkan ramah lingkungan pada layar smartphone . (Baca juga: Tengku Zulkarnain: Penghargaan Setingginya Buat PKS dan Demokrat )

Peneliti Junyong Zhu dari Laboratorium Hasil Hutan bekerja sama dengan mitranya dari Universitas Maryland dan Universitas Colorado, AS, telah mengembangkan bahan kayu transparan yang dapat digunakan untuk ponsel pintar. Ya ini adalah masa depan dari layar handphone di masa depan.

Laman GSM Arena melaporkan, tim peneliti menggunakan kayu balsa sebagai bahan dasar, yang kemudian diberi bak pengoksidasi suhu kamar yang membuatnya hampir transparan. Kemudian kayunya diisi polimer sintetik yang disebut polivinil alkohol (PVA) sehingga transparan seperti kaca.

Kayu transparan ini memiliki karakteristik yang sangat menarik. Ini lebih tahan lama dan ringan dari kaca biasa dan bengkok. Alih-alih pecah, material baru ini tak pecah saat terjatuh dan dapat menahan benturan yang jauh lebih kuat daripada kaca. Last but not least, panel tersebut sangat murah untuk diproduksi secara massal.

Saat ini, para peneliti fokus pada aplikasi dalam konstruksi. Karena efisiensi termal yang tinggi dari bahan itu, bahan tersebut ideal untuk jendela, menggantikan kaca konvensional. Ini mungkin juga berpotensi digunakan dalam industri otomotif .

Betapa kerennya memiliki tampilan kayu di ponsel cerdas Anda? (Baca juga: Suhu Naik 4 Derajat Celcius, Antartika Kerek Tinggi Air Laut hingga 6,5 Meter )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)