Erendi Digital Labs-ModalSaham Gagas Startup Inkubator Online Menjadi Nyata

Senin, 21 September 2020 - 21:35 WIB
loading...
Erendi Digital Labs-ModalSaham Gagas Startup Inkubator Online Menjadi Nyata
Latar belakang inilah yang menjadikan Erendi Digital Labs bersama ModalSaham menggagas program startup inkubator online Menjadi Nyata. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jumlah populasi di Indonesia mencapai lebih dari 260 juta orang. Sayangnya jumlah technopreneur di Tanah Air masih sangat minim. (Baca juga: Keburukan Boleh Dilakukan dalam Dua Kondisi Berikut Ini )

Diambil dari sumber data bahwa hanya terdapat 1,56% technopreneur dari total keseluruhan populasi Indonesia. Kini adalah momen yang paling tepat untuk bertumbuh pesat dikarenakan masyarakat tengah dipaksa menggunakan teknologi.

Generasi muda pun diharapkan dapat diandalkan untuk memberikan kontribusi terbesar untuk menjadi penggerak ekononomi. Misalnya melalui pertumbuhan startup digital, sehingga kelompok ini berpotensi dikembangkan menjadi wirausahawan dengan memanfaatkan peluang ekonomi digital.

Latar belakang inilah yang menjadikan Erendi Digital Labs, perusahaan yang bergerak di bidang riset dan pengembangan teknologi, menggagas program startup inkubator online “Menjadi Nyata”. Sekaligus membuat perusahaan investasi yang berkonsentrasi pada investasi di UKM dan startup di Indonesia dan ide ini pun disambut ModalSaham dengan bergabung dalam program tersebut.

“Untuk mendorong dan mendukung pertumbuhan ekonomi melalui sektor technopreneur, maka Menjadi Nyata hadir memberikan gebrakan nasional. Yakni mengajak semua pihak mengambil peranan, untuk berkontribusi mendorong komunitas, penggerak ekonomi, ecosystem builder, dan inkubator agar dapat lebih banyak mendukung wirausahawan terfasilitasi, khususnya di bidang teknologi," kata Muhammad Reza Alkhawarismi, CEO ModalSaham, dalam keterangan tertulis, Senin (21/9/2020).

Pada 17 Juni-17 September 2020, Menjadi Nyata telah melakukan road show virtual, berupa webinar “Menjadi Nyata Talks” di 10 kota di Indonesia. Masing-masing Jakarta, Tangerang, Mataram, Padang, Semarang, Sumedang, Bogor, Bandung, Bekasi, dan Garut.

Menjadi Nyata juga menggandeng kampus-kampus yang ada di kota-kota tersebut untuk mengadakan diskusi panel. Tujuannya menginspirasi, mengedukasi, memberdayakan individu, komunitas lokal, serta masyarakat untuk belajar membuat startup, dan menciptakan solusi bagi sekitar.

Program juga disokong oleh Alkhawarismi Accounting & Tax, Blue Power Technology, BPR Lestari, CloudKilat, DiliputMedia, Fortinet, Lusavindra Jayamadya, Sapta Tunas Teknologi, dan DiliputMedia, serta didukung komunitas dan patner seperti Impactpreneur, V-New, dan Zendz.

Tujuan utama program adalah mendukung founder dalam mematangkan konsep hingga menjadikannya sebuah produk atau MVP. Tentunya dengan mentor yang berkualitas dan materi yang sesuai kebutuhan para founder.

“Menjadi Nyata akan memberikan fasilitas 3M, yaitu Money, Mentoring, dan Market Access untuk 5 startup terbaik yang kami pilih dari para pendaftar inkubator," ujar Reza. (Baca juga: Dijual Rp33,9 Juta, Samsung Bawa Kemewahan Galaxy Z Fold2 ke Indonesia )

Lebih lanjut dikatakan, Money yang diberikan bersifat hibah dengan total Rp100 juta untuk membantu mewujudkan ide peserta terpilih. "Sehingga pada akhir program dapat meluncurkan sebuah startup yang berguna bagi masyarakat," pungkas Reza sekaligus VP Menjadi Nyata.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3186 seconds (0.1#10.140)