Enggak Takut Trump, MediaTek Minta Izin AS Pasok Chipset ke Huawei

Minggu, 30 Agustus 2020 - 09:33 WIB
loading...
Enggak Takut Trump, MediaTek Minta Izin AS Pasok Chipset ke Huawei
Seakan enggak takut sama Presiden AS, Donald Trump, MediaTek ajukan izin memasok chipset canggih 5G ke Huawei. Foto/Ist
A A A
TAIPE - Perusahaan pengecoran chipset , MediaTek , mengajukan izin ke Presiden AS, Donald Trump , untuk memasok chip 5G canggihnya ke Huawei. Ini adalah langkah berani! (Baca juga: Infrastruktur Ibarat Dua Sisi Mata Pedang, Sri Mulyani Pastikan Jalan Terus )

Pada Mei 2019, Departemen Perdagangan AS memasukkan Huawei ke dalam Daftar Entitas karena khawatir hubungan dekat perusahaan dengan Pemerintah Komunis China menghasilkan informasi tentang konsumen dan perusahaan Amerika yang dikirim ke server di Beijing.

Berkat penempatannya di Daftar Entitas, Huawei mendapati dirinya dilarang dari rantai pasokan AS yang menghabiskan USD18 miliar pada dua tahun sebelumnya. Ini memaksa Huawei untuk mencari pemasok pengganti pada komponen tertentu dan perusahaan juga mengganti ekosistem Google dengan Layanan Seluler Huawei (HMS) sendiri.

Pada bulan Mei setahun kemudian, hampir tepat 365 hari setelah ditempatkan di Daftar Entitas, AS mengumumkan perubahan aturan ekspor yang mewajibkan pengecoran apa pun yang menggunakan teknologi AS untuk memproduksi chip, wajib meminta izin dari AS sebelum mengirimkan komponen yang dirancang oleh Huawei kepada perusahaan.

Cakupan perubahan aturan baru-baru ini diperluas untuk mencakup semua chip. Dengan kata lain, perusahaan pengecoran seperti TSMC di mana Huawei adalah pelanggan terbesar kedua setelah Apple, tidak dapat mengirimkan chipset Kirin 5nm -atau chipset apa pun- ke Huawei setelah pertengahan bulan depan tanpa izin AS. Tanpa chip mutakhir untuk menghidupkan ponsel kelas atas seperti lini Mate 40 dan stasiun basis 5G-nya, Huawei akan berada di dunia yang sulit.

Huawei telah sampai pada kesimpulan bahwa mereka tidak akan dapat menggunakan chip-nya yang dirancang sendiri. Jumat kemarin, Reuters melaporkan bahwa perancang chip yang berbasis di Taiwan, MediaTek telah meminta izin AS untuk memasok Huawei dengan chip setelah aturan ekspor baru diberlakukan pada pertengahan bulan depan.

Dalam sebuah pernyataan, MediaTek menyatakan, "MediaTek menegaskan kembali penghormatannya untuk mengikuti perintah dan aturan yang relevan tentang perdagangan global, dan telah mengajukan izin dengan pihak AS sesuai dengan aturan."

Perusahaan itu mendesain chipset untuk perangkat seluler termasuk smartphone. Tahun lalu mereka meluncurkan lini Dimensity of SoCs yang menampilkan modem 5G terintegrasi. Itu juga bergantung pada TSMC untuk memproduksi chipnya.

Huawei telah berusaha untuk berbisnis dengan SMIC, pabrik pengecoran terbesar di China. Namun, perusahaan tersebut setidaknya memiliki beberapa node proses di belakang TSMC. Yang disebut terakhir berharap mengirim chip Huawei Kirin yang dibuat menggunakan proses 5nm tahun ini. Untuk diketahui, setiap chipset berisi 171,3 juta transistor per mm persegi.

SMIC terbaik yang dapat diberikan saat ini adalah chip yang dibuat menggunakan proses 14nm dengan kepadatan transistor 43 juta transistor per mm persegi. SMIC menggunakan node ini untuk membantu membangun chipset Kirin 710A yang diumumkan pada bulan Mei. IC ini digunakan untuk memberi daya pada perangkat kelas menengah seperti handset Honor Play 4T.

Huawei adalah pabrikan ponsel teratas di dunia selama bulan Mei dan kedua setelah Samsung selama kuartal kedua tahun ini. Mereka juga merupakan pemasok peralatan jaringan terbesar di dunia selama Q2 2020.

Bulan depan, lini handset perusahaan yang paling berteknologi maju, Mate 40, dapat mulai menjalani produksi massal. Huawei memproduksi dua seri ponsel andalan utama setiap tahun. Pada awal tahun, merek memperkenalkan seri P yang berorientasi fotografi dengan model P50 yang akan dirilis April mendatang. Kemudian akan diikuti oleh jajaran Mate 50 menjelang akhir tahun.

Jika MediaTek bisa mendapatkan izin dari AS untuk mengirimkan chip ke Huawei, tentu itu akan mengurangi banyak tekanan yang dialami Huawei. (Baca juga: Catat, 1 September Huawei Boyong Tablet Harga Murah untuk Sekolah Online )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)