Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu biar Tidak Ketipu

Selasa, 08 Oktober 2024 - 15:23 WIB
loading...
Cara Cek HP Xiaomi Asli...
Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu. fFOTO/ THE VERGE
A A A
JAKARTA - Cara cek HP Xiaomi asli atau palsu sangat sulit ditentukan jika hanya melihat fisiknya saja. Setidaknya ada 3 cara cek HP Xiaomi asli atau palsu.



Banyak orang mencari HP Xiaomi karena vendor ini dikenal menawarkan HP dengan build quality yang baik, spesifikasi yang tinggi dengan harga yang masuk akal, dan juga dukungan komunitas yang kuat.

Smartphone dari Xiaomi juga rata-rata banyak dicari. Bahkan, smartphone Xiaomi yang tidak masuk secara resmi (tidak melewati proses TKDN) ke Indonesia, masih laku di pasaran. Tengok saja situs-situs e-commerce yang menjual Xiaomi, banyak yang menjual tipe HP Xiaomi yang belum masuk resmi ke Indonesia.

Populernya HP Xiaomi membuat permintaan akan HP ini cukup tinggi. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan.

Berikut cara cek HP Xiaomi asli atau palsu


1. Cek Fisik HP Xiaomi

cara mengetahui xiaomi asli atau palsu Build quality Xiaomi

Cara pertama adalah dengan mengecek fisik HP Xiaomi. Umumnya cara ini cukup mudah dilakukan dengan hanya melihat bagian belakang casing-nya saja. Pada Xiaomi asli, akan terlihat sertifikasi replacement, garansi, serta kode keamanan. Namun pada Xiaomi palsu, bagian belakang terlihat blur.

Selain itu, tidak adanya sertifikasi dan kode keamanan seperti Xiaomi asli, hal itulah yang menandakan bahwa HP Xiaomi tersebut palsu. Xiaomi palsu juga biasanya memiliki ujung bagian kotak yang tidak tajam dan juga kartu garansi yang tampak murahan.

2. Mengecek Secara Online

Cara paling mudah untuk melihat apakah HP Xiaomi yang Anda beli asli atau palsu adalah dengan mengeceknya lewat situs Mi Verification, klik di sini. Anda bisa akses situs tersebut menggunakan browser di PC ataupun browser di perangkat mobile.

Download file APK yang ada di situs tersebut. Setelah itu pasang atau instal di HP Xiaomi yang akan Anda cek keasliannya. Jangan lupa juga untuk mengatur hak akses izin instal aplikasi di luar Google PlayStore.

Setelah terpasang, akses kembali Mi Verification, sebaiknya Anda mengakses melalui laptop atau PC Desktop. Lakukan dengan scan kode QR yang ada di situs tersebut. Jika sudah, situs tersebut akan memberikan informasi terkait keaslian HP Xiaomi Anda.

3, Mengecek dengan Factory Reset

Jika Anda membeli HP Xiaomi tipe tertentu dengan harga sangat murah maka Anda perlu mengecek apakah benar HP tersebut sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan? Misalnya, Anda membeli Xiaomi Mi A1 dengan harga terlampau murah.

Harga Xiaomi Mi A1 saat ini ada di harga 2,9 jutaan keatas. Jika Anda membeli seharga 1,5 juta kebawah, tentu Anda perlu waspada. Jangan-jangan hanya bungkusnya saja yang Mi A1, jeroannya bisa saja ternyata hanya Redmi 1s. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ternyata ada oknum yang dengan segala dayanya mampu memanipulasi angka di aplikasi benchmark atau aplikasi yang menunjukkan spesifikasi tetentu.

Nah, untuk mengidentifikasi HP Xiaomi semacam ini, lakukan factory reset agar aplikasi yang terinstal saat Anda beli terhapus. Setelah melakukan reset ulang, instal aplikasi semacam Antutu, CPU-Z, dan Sensor Box untuk melihat detail jeroan HP. Cek apakah benar sesuai dengan tipe yang ditulis di kotak penjualan atau tidak.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)