Pasar Tablet Global Tumbuh 18 Persen, Kenaikan Terbesar Setelah Pandemi

Rabu, 07 Agustus 2024 - 09:00 WIB
loading...
Pasar Tablet Global...
Pasar tablet global naik hingga 18 persen, menegaskan tingginya belanja konsumen untuk tablet. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Pengiriman tablet di seluruh dunia meningkat sebesar 18% pada kuartal kedua 2024 dibandingkan tahun lalu (Year on Year). Jumlahnya mencapai 35,9 juta unit. Demikian menurut data terbaru dari Canalys.

“Industri tablet di semester pertama 2024 sangat positif. Sisa tahun ini akan lebih santai setelah tahun 2023 yang sulit,” kata Analis Canalys, Kieren Jessop.

Apa penyebab orang beli tablet?
Pasar Tablet Global Tumbuh 18 Persen, Kenaikan Terbesar Setelah Pandemi

“Lonjakan penjualan tablet ini mirip yang terjadi selama pandemi. Inovasi tambahan seperti teknologi layar dan fungsionalitas AI terintegrasi menarik minat konsumen, terutama untuk tablet premium,” ujar Kieren.

Pasar tablet China telah menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa karena strategi promosi agresif yang telah meningkatkan penetrasi tablet di negara tersebut.

Vendor China juga memperluas pasar seperti Timur Tengah, dan Eropa Tengah dan Timur. Di India, tender pendidikan pemerintah telah mendorong permintaan tablet.

Pada Q2 2024, Apple mempertahankan kepemimpinannya di pasar tablet global, mengirimkan 13,9 juta iPad dan mengamankan pangsa pasar 39%.

Samsung mengalami peningkatan 13% dari tahun ke tahun, mengirimkan 6,8 juta unit, didorong oleh penjualan kuat dari model unggulannya dan meningkatnya permintaan di pasar negara berkembang di seluruh wilayah Asia Pasifik.

Huawei mempertahankan posisi ketiga, mengirimkan 2,5 juta unit dan mencapai pertumbuhan tahunan yang kuat sebesar 51%. Terutama didorong oleh permintaan di China dan Timur Tengah.

Lenovo berada di urutan keempat, dengan 2,5 juta unit dikirim dan pertumbuhan tahunan 16%, karena memperkuat kehadirannya di sebagian besar pasar global.

Xiaomi melengkapi lima besar, melampaui Amazon dengan pertumbuhan tahun-ke-tahun yang signifikan sebesar 106% dan 2,1 juta unit dikirim.

Vendor Tablet Terbesar di Dunia:

1. Apple (market share 38,7%), tumbuh 18,5%

2. Samsung (18,9%), tumbuh 12,7%
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)