Tak hanya Atlet, Teknologi Ini Ikut Bertanding di Olimpiade Paris 2024

Minggu, 04 Agustus 2024 - 09:19 WIB
loading...
Tak hanya Atlet, Teknologi...
Teknologi Ini Ikut Bertanding di Olimpiade Paris 2024. FOTO/ DAILY
A A A
PARIS - Olimpiade Paris 2024 menjadi ajang unjuk gigi bagi berbagai inovasi teknologi yang dapat meningkatkan pengalaman atlet, penonton, dan penyelenggara.



Kecerdasan Buatan (AI) diterjunakan untuk optimalisasi kinerja atlet, AI digunakan untuk menganalisis data kinerja atlet secara real-time, sehingga pelatih dapat memberikan masukan yang lebih spesifik untuk meningkatkan performa.

AI juga membantu dalam personalisasi pengalaman penonton, seperti rekomendasi acara, rute navigasi, dan informasi tentang atlet.

Tak hanya itu AI digunakan untuk memantau potensi ancaman keamanan, baik secara fisik maupun online, seperti deteksi wajah dan pelacakan objek.

Cloud computing digunakan untuk mengelola volume data yang sangat besar yang dihasilkan selama Olimpiade, mulai dari data kinerja atlet hingga data transaksi.

Cloud memungkinkan berbagai pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Olimpiade untuk berkolaborasi secara real-time.

Jaringan 5G menyediakan koneksi internet yang sangat cepat dan stabil, memungkinkan transmisi data yang lancar untuk berbagai aplikasi, seperti siaran langsung, augmented reality, dan virtual reality.
Internet of Things (IoT):

Stadion dan venue lainnya dilengkapi dengan sensor IoT untuk memantau kondisi lingkungan, lalu lintas penonton, dan penggunaan energi.

VR dan AR digunakan untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam bagi penonton, seperti merasakan sensasi berada di tengah pertandingan atau menjelajahi area Olimpiade secara virtual.

Tidak semua orang memiliki akses yang sama terhadap teknologi, sehingga perlu ada upaya untuk memastikan inklusivitas.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)