Dukung IKN, Comtelindo Berkomitmen Hadirkan Konektivitas Handal

Kamis, 25 Juli 2024 - 18:53 WIB
loading...
Dukung IKN, Comtelindo...
PT Comtelindo berkomitmen mendukung pembangunan IKN dengan memastikan hadirnya konektivitas yang handal melalui ketersediaan infrastruktur digital yang berkualitas tinggi. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BALIKPAPAN - PT Comtelindo berkomitmen mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan memastikan hadirnya konektivitas yang handal melalui ketersediaan infrastruktur digital yang berkualitas tinggi. Infrastruktur digital ini menjadi fondasi bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan bagi IKN dan berbagai daerah penunjang yang ada di sekitarnya.

PT Comtelindo merupakan perusahaan penyedia layanan internet (ISP) terkemuka yang berbasis di Kalimantan Timur. CEO PT Comtelindo Vicky mengatakan, pihaknya akan terus melakukan ekspansi perluasan jangkauan jaringan secara masif dan bertahap. Tujuannya menopang proses digitalisasi dan pertumbuhan ekonomi lokal untuk mendukung pembangunan IKN.

“Kami terus ekspansi perluasan wilayah jangkauan jaringan dan layanan yang akan terus dilakukan secara masif dan bertahap. Ini agar dapat mengakselerasi digitalisasi dan pertumbuhan ekonomi dalam menunjang pembangunan IKN,” katanya dalam siaran pers, Kamis (25/7/2024).

Dalam mendukung tujuan ini, PT Comtelindo telah berkomitmen untuk fokus pada beberapa inisiatif utama. Misalnya, memperluas jaringan fiber optik berkecepatan tinggi ke berbagai wilayah di Kalimantan Timur, termasuk area yang akan menjadi bagian dari IKN.

Melalui perluasan jaringan ini, PT Comtelindo memastikan semua instansi pemerintah, bisnis, dan penduduk di wilayah ini dapat menikmati akses internet yang stabil dan cepat. Perluasan jaringan tersebut didukung penyediaan dan pengembangan konektivitas yang diperlukan untuk mengintegrasikan teknologi-teknologi seperti sistem transportasi pintar, manajemen energi, dan layanan publik berbasis digital dengan berkolaborasi bersama pemerintah dan pihak swasta.

Upaya masifikasi perluasan jaringan ini dikuatkan melalui komitmen PT Comtelindo meningkatkan literasi digital masyarakat melalui berbagai program pelatihan dan pendidikan yang berfokus pada peningkatan keterampilan digital. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan tenaga kerja yang siap menghadapi tantangan ekonomi digital, serta mendorong inovasi dan kreativitas di kalangan generasi muda.

Dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, PT Comtelindo aktif berkolaborasi dengan pelaku usaha lokal untuk menyediakan layanan internet yang dapat diandalkan bagi bisnis-bisnis kecil dan menengah. Hal ini dapat membantu usaha-usaha lokal untuk berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Selain itu, PT Comtelindo juga berkomitmen menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan dalam setiap operasionalnya. Perusahaan ini berinvestasi dalam teknologi hijau dan solusi hemat energi untuk mengurangi jejak karbon dan memastikan bahwa pembangunan IKN berlangsung secara berkelanjutan.

Komitmen yang ditunjukkan PT Comtelindo adalah bagian dari upaya strategis yang dilakukan dalam mempersiapkan dan menyukseskan pembangunan IKN. Hal ini menjadi wujud komitmen PT Comtelindo sebagai perusahaan yang didirikan putra daerah Kalimantan Timur pada 2010 silam.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)