Lebih Akurasi dan Transparan, Platform Digital Bantu Penghitungan Gaji

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:23 WIB
loading...
Lebih Akurasi dan Transparan,...
Platform Digital Bantu Penghitungan Gaji. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Perusahaan software- as-a-service (SaaS) Mekari mengungkapkan pentingnya sistem teknologi aplikasi penggajian karyawan untuk transparansi dan akurasi penghitungan gaji serta distribusinya.



Kepala Bisnis Mekari Talenta, solusi bidang sumber daya manusia (SDM) dari Mekari, Stevens Jethefer mengatakan bahwa sensitivitas karyawan terhadap penghitungan potongan dan tambahan gaji menjadi pengingat bagi perusahaan untuk selalu transparan dan akurat dalam memproses dan membayar gaji karyawan.

"Perusahaan dapat dengan mudah menjalankan proses dan sistem penggajian yang transparan dan akurat dengan menggunakan solusi HR yang menawarkan berbagai keunggulan," kata Stevens dalam keterangan persnya di Jakarta, Sabtu (21/7/2024).

Selain itu, solusi SDM menunjang transparansi antara perusahaan dan karyawan dengan memudahkan pengiriman slip gaji yang dilengkapi rincian penghitungan komponen gaji, termasuk potongan pajak dan tambahan uang lembur.

Data Mekari menunjukkan bahwa rata-rata gaji kotor karyawan berada di Rp7 juta yang kemudian dikenakan berbagai potongan dan tambahan. Data menunjukkan bahwa gaji kotor umumnya terkena dua-empat macam potongan yang berkaitan dengan pajak dan asuransi, baik dari pemerintah dan swasta.

Data platform itu juga menunjukkan bahwa terdapat sejumlah tambahan ke dalam gaji kotor, di mana empat yang paling umum adalah uang makan, transportasi, dan lembur, selain dana dari fasilitas kredit perusahaan.

"Penambahan tersebut dapat menyeimbangkan potongan terhadap gaji kotor sehingga karyawan bisa membawa pulang gaji bersih yang mencukupi,” kata Stevens.

Setiap industri memiliki struktur penghitungan gaji yang lazim digunakan perusahaan di industri tersebut. Berdasarkan pengamatan Mekari, lima industri dengan potongan terbesar untuk gaji adalah startup dan software, layanan keuangan, informasi teknologi, otomotif, serta real estate.

“Jika diperhatikan, ke lima industri ini memiliki standar gaji dasar yang cukup tinggi, dan potongan akan bergerak lurus sesuai gaji pokok,” kata Stevens.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)