Pemulihan Akun Sosmed yang Diretas bisa Dilakukan oleh Penyedia Platform

Senin, 24 Agustus 2020 - 09:01 WIB
loading...
Pemulihan Akun Sosmed yang Diretas bisa Dilakukan oleh Penyedia Platform
Ilustrasi Hacker. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Peretasan akun media sosial dilandasi banyak motif. Misalnya mencari popularitas, mencari uang, atau bahkan karena tujuan politik.

Menurut Chairman CISSReC (Communication & Information System Security Research Center), Pratama Persadha, peretasan karena tujuan politik tidak bisa dikesampingkan.(Baca juga: Tak Kuasa, Sri Mulyani Curhat Soal Dirinya yang Kerap Jadi Korban Media )

Di berbagai negara, terutama di Eropa Timur, Timur Tengah dan Amerika Selatan, hal ini jamak terjadi. Bahkan, tidak tanggung-tanggung, kadang smartphone target yang langsung diretas, tidak hanya akun media sosial.

Ada banyak penyebab akun media sosial bisa dibajak. Paling banyak adalah karena ketidaktahuan target atau korban. Misalnya, mereka dikirimi URL yang berisi phising, sehingga saat diklik korban memasukkan username dan password.

“Saat satu platform diketahui passwordnya, pelaku bisa mencoba dengan email dan password yang sama untuk berbagai akun medsos maupun marketplace,” kata Pratama, saat dihubungi, Minggu (23/8/2020).

Seharusnya, peretasan memang menjadi tugas dari aparat kepolisian. Namun, faktor teknis dan SDM yang membuat proses penyelidikan menjadi lebih sulit.

Secara teknologi, baik pihak kepolisian maupun Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) misalnya, bisa melakukan digital forensik maupun penelusuran. Tetapi membutuhkan waktu yang tidak singkat.

“Untuk pemulihan maupun penghapusan sebuah akun hanya bisa dilakukan oleh penyedia platform media sosial,” imbuhnya.

Karena itu, lanjut Pratama, dari pihak penyedia platform biasanya memberikan jalan pelaporan. Syarat utamanya adalah email utama yang digunakan masih bisa diakses.

Dalam banyak kejadian peretasan Instagram, akun bisa dikembalikan bila korban masih bisa membuka email yang didaftarkan ke akunnya.

Korban akan dibantu korespondensi dengan dengan tim Instagram dan dalam beberapa hari akun akan dipulihkan.

Bisa dengan nama yang sama, namun kadang namanya dibedakan namun isinya sama, selama tidak dihapus oleh peretas.

“Jadi yang bisa dilakukan sekarang adalah menjaga akun email utama dengan mengubah password, agar tidak sama dengan password platform medsos maupun marketplace yang dimiliki,” tandasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)