Dirjen Aptika Semuel Pangerapan Mundur, Data Nasional Ternyata Belum Bisa Dibuka

Kamis, 04 Juli 2024 - 11:23 WIB
loading...
Dirjen Aptika Semuel Pangerapan Mundur, Data Nasional Ternyata Belum Bisa Dibuka
Semuel Abrijani Pangerapan saat menyampaikan pengunduran diri sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) pada Kamis (4/7). Foto: Sindonews/Muhamad Fadli Ramadan
A A A
JAKARTA - Kelompok peretas Brain Chiper mengaku telah memberikan kunci untuk membuka data di Pusat Data Nasional (PDNS) 2 yang terenkripsi ransomware LockBit 3.0. Namun, saat ini data nasional yang tersandera itu ternyata belum juga bisa terbuka.

Hal tersebut disampaikan oleh Semuel Abrijani Pangerapan saat menyampaikan pengunduran diri sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika). Pengunduran diri ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawabnya karena menjadi pengelola teknis PDNS.

Samuel menjelaskan, kunci yang diberikan oleh Brain Chiper saat ini masih dalam tahap proses pengujian. Sebab, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), dan Cyber Crime, tak ingin kasus tersebut terulang.

“Sedang kami proses. Itu (kunci) bisa di-unduh oleh semua orang. Tadi malam, Rabu (3/7/2024), kita sudah coba di spesimen kita itu bisa terbuka, tapi kita tidak memiliki informasi yang lebih dalam lagi," kata Semuel di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

Namun, Semuel tidak bisa menyampaikan lebih dalam karena dirinya sudah tidak memiliki akses untuk mendapatkan informasi lebih jauh. Mengingat saat ini dirinya sudah tidak bertugas sebagai Dirjen Aptika setelah menyampaikan pengunduran diri secara lisan kepada Menkominfo Budi Arie Setiadi dan mengirim surat resmi pada, Rabu (3/7/2024).

“Saya tidak punya data lebih banyak, saya cuma dapat informasi kuncinya bisa dipakai pada specimen yang kita dapat. Apa itu spesimen? Waktu itu kita mengambil data, dan data yang dikunci ini dibuka menggunakan kunci itu," tuturnya.

"Pastinya semua orang sedang bekerja, BSSN sedang bekerja, Cyber Crime juga bekerja," lanjutnya.



Soal pengganti, Semuel mengungkapkan bahwa dirinya tak memiliki informasi lebih lanjut. Namun, ia mengatakan Kominfo pasti akan melakukan tindakan untuk mengisi kursi kosong.

"Nanti akan ditindaklanjuti segera. Sebagai tanggung jawab moral saya karena saya sebagai dirjen teknis masalahini,"ucapnya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)