Viral Data KAI Diduga Bocor di BreachForums, Tertera Nama Pembeli Tiket

Rabu, 03 Juli 2024 - 10:59 WIB
loading...
Viral Data KAI Diduga Bocor di BreachForums, Tertera Nama Pembeli Tiket
Dugaan data KAI yang bocor dan dibagikan di BreachForums. Foto: Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Heboh di media sosial data pengguna KAI Commuter diduga alami kebocoran. Bahkan, tertera nama pembeli tiket yang dibayar secara tunai. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengguna aplikasi KAI.

Kabar kebocoran ini dibagikan akun X (Twitter) @txttransportasi yang mengunggah laman dark web yang memperlihatkan kebocoran data tersebut. Namun, belum diketahui apakah data yang diduga bocor itu benar milik KAI.

"Loh loh database KAI?" bunyi keterangan dalam unggahan foto data pengguna KAI commuter yang diduga diretas oleh kelompok yang belum diketahui.

Dalam kolom komentar, akun X (Twitter) juga memberikan informasi soal data seseorang yang diduga terkena retasan tersebut. Pasalnya, nama yang tertera sangat jelas, sehingga diyakini ada data lain yang bocor.

“Putra putri terbaik bangsa, kampus akreditasi A (lanjutin sendiri). Sekalian mau menginformasikan ke mas Muhammad Satrio Putra data dirimu di KAI bocor. Demikian sekilas info,” tulis @txttransportasi.

Isu kebocoran data KAI ini membuat warganet khawatir. Mengingat saat ini KAI meminta sejumlah syarat dalam pendaftaran pada aplikasinya.

"Ini include foto kita berarti.. sekarang udah pake face recognition kan," kata @agu*.

"Makanya usahakan sebisa mungkin pake fake data kalau register di konoha," tulis @mat*.

"Kalo bisa ngehack data ky gitu, kenapa yg disebar 'n dijual bukan data2 pejabat yg korup aja? Kenapa malah data orang2 yg ga tau apa2? Hackernya goblok atau emang ada "transaksi" di belakang?" ujar @sho*.



"Kudu daftar face recognition biar bisa masuk di salah satu akses yang enak di stasiun, eh ternyata datanya dibobol hahaha," ucap @muh*.

Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari PT KAI Commuter terkait dugaan kebocoran data pengguna aplikasitersebut.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)