Kasus Ransomware Pusat Data Nasional Belum Kelar, Kominfo Diduga Kena Hack, Nomor Rekening Bank Dijual Rp196,5 Juta!

Selasa, 02 Juli 2024 - 10:05 WIB
loading...
Kasus Ransomware Pusat Data Nasional Belum Kelar, Kominfo Diduga Kena Hack, Nomor Rekening Bank Dijual Rp196,5 Juta!
Seruan mundur untuk Menkominfo Budi Arie yang sudah mendapatkan 19 ribu dukungan online. Foto: Tangkapan Layar/Change.org
A A A
JAKARTA - Forum FalconFeeds kembali mengumumkan adanya dugaan kebobolan data, kali ini dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Data penting seperti rekening bank diklaim berhasil diperoleh hacker.

Dari informasi yang disampaikan, hacker menjual data yang diduga diretas sebesar USD121.000 atau sekitar Rp196,5 jutaan.

"Dijual data Kementerian Komunikasi dan Informatika. (DATA) Dibocorkan oleh aptikominf di BreachForums. Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (http:kominfo.go.id) - Data pribadi, sistem keamanan lisensi perangkat lunak, dan dokumen kontrak dari Pusat Data Nasional (PDN) dari 2021 hingga 2024 dijual seharga USD 121.000," bunyi keterangan FalconFeeds, dikutip Sindonews, Selasa (2/7/2024).

Informasi tersebut dibagikan FalconFeeds di X @FalconFeedsio pada pukul 12.40 WIB, Selasa, 2 Juli 2024. Unggahan itu langsung menjadi buah bibir di X dengan lebih dari 133,6 ribu netizen memberi atensi penuh.

Dijelaskan juga bahwa data yang berhasil diperoleh hacker dari data Kemkominfo yang diduga diretas meliputi informasi lisensi perangkat lunak, Nomor Identitas Pribadi (NIK), rincian rekening bank, dan nomor perbankan.



Sebelum ini, FalconFeeds mengumumkan juga beberapa data pemerintah yang diduga dibobol hacker yaitu data peserta BPJS Ketenagakerjaan hingga data Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Linimasa dugaan kebocoran ini saling berdekatan. Data BPJS Ketenagakerjaan diklaim dibobol hacker pada Kamis, 27 Juni 2024. Lalu, selang sehari data Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan diduga dibobol.

Dan di Selasa, 2 Juli 2024, data Kementerian Komunikasi dan Informatika didugakenahack.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)