Apa Perbedaan antara Buzzer dan Influencer?

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 14:54 WIB
loading...
Apa Perbedaan antara Buzzer dan Influencer?
Ilustrasi SOSIAL MEDIA. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Istilah buzzer dan influencer sering kita dengar. Belakangan, penggunaan jasa influencer oleh pemerintah sedang marak dibahas oleh publik.

Lalu sebenarnya apa beda antara buzzer dan influencer?(Baca Juga: Wajah Rossi Pucat Lihat Motor Morbidelli Terbelah )

Dirangkum SINDOnews dari berbagai sumber, berikut adalah perbedaan antara buzzer dan influencer(Lihat Grafis: Waspada Berolahraga di Tengah Wabah )

1. Asal istilah

Menurut laman Xendit, buzzer berasal dari akta buzz yang berarti berdengung, desas desus, atau rumor. Sesuai dengan definisinya, seorang buzzer memang bertugas untuk emnyampaikan serangkaian atau sebagian informasi secara berulang-ulang dengan tujuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Sementara influencer berasal dari kata influence yang berarti mempengaruhi. Artinya seorang influencer dapat memberikan pengaruh, khususnya mampu menggiring opini audiens. Berbeda dengan buzzer, seorang influencer perlu mendapatkan kepercayaan dan memiliki skill khusus untuk bisa meyakinkan pengikutnya.

2. Jumlah Follower

Bila membahas perbedaan buzzer dan influencer, hal yang terlihat paling jelas adalah perbandingan jumlah followers mereka.

Jika dilihat dari jumlah pengikut atau follower, seorang buzzer tidak harus memiliki banyak follower. Buzzer juga tidak melulu berupa akun media sosial yang followers-nya terlalu banyak.

Berbeda dengan buzzer, seorang influencer justru harus mempunyai banyak followers dan memiliki pengaruh yang kuat dan besar di bidangnya. Jadi tidak mengherankan jika seorang influencer juga biasanya merupakan seorang publik figur.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1929 seconds (11.97#12.26)