Dorong Revolusi Digital Pendidikan, Hypernet Technologies Gandeng Huawei dan Zoom

Senin, 03 Juni 2024 - 17:22 WIB
loading...
Dorong Revolusi Digital Pendidikan, Hypernet Technologies Gandeng Huawei dan Zoom
Hypernet Technologies menggelar acara Meet Eat Inspire bertajuk ‘Accelerate Digital Transformation for Smart Education’ di Seribu Rasa Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu (30/5/2024). (Foto: dok Hypernet)
A A A
JAKARTA - Hypernet Technologies kembali menggelar acara Meet Eat Inspire (MENS) bertajuk ‘Accelerate Digital Transformation for Smart Education’ di Seribu Rasa Gunawarman, Jakarta Selatan pada Rabu (30/5/2024).

Meet Eat Inspire (MENS) kali ini digelar dengan menghadirkan tiga orang pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu Retail and Education SBP Unit Head Hypernet Technologies Dwi Permadi, Solution Expert Huawei Indonesia Ivan Hidayat, dan Partner Solution Engineer Zoom Santoso.

Diskusi mengenai transformasi digital di dunia pendidikan dibuka oleh pemaparan dari Huawei Indonesia. Menurut Ivan, adopsi digital oleh para tenaga pendidik di Indonesia masih cukup rendah. Hal ini lantaran adanya kurangnya pengetahuan dan kemauan para pendidik untuk mengadopsi teknologi digital di ruang kelas.

Melalui teknologi yang semakin maju dan berkembang, Ivan meyakini bahwa dunia pendidikan juga harus beradaptasi dan mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia. Salah satunya dengan menerapkan konsep smart classroom, hybrid learning classroom, dan collaborative classroom lewat penggunaan IdeaHub sebagai papan tulis canggih.

“Kita harus bersama-sama membangun ekosistem digital. Bisa dimulai dari jenjang yang paling dasar, yakni Sekolah Dasar (SD) sampai ke perguruan tinggi,” ujar Ivan.

Tak hanya didukung dari segi perangkat, transformasi digital juga harus didukung lewat penggunaan software yang mumpuni dan dapat diakses dengan mudah. Melihat hal ini, Partner Solution Engineer Zoom Santoso menyebut bahwa pihaknya telah mengembangkan fitur Zoom dengan menggunakan AI yang dapat memudahkan kegiatan belajar mengajar.

Santoso memahami bahwa saat ini ada banyak kekhawatiran dengan penggunaan AI di bidang pendidikan. Mulai dari cost atau biaya yang dikeluarkan, kompleksitas software, hingga kekhawatiran pada keamanan data. Oleh sebab itu, Zoom berkomitmen untuk menyediakan ekosistem terkoneksi yaitu Zoom Workplace for Education yang menjamin kemudahan dan keamanan.

Hypernet Technologies selaku penyedia layanan terkelola berupaya untuk menyediakan layanan koneksi internet, perangkat canggih, dan software yang dapat mengakselerasikan transformasi digital di dunia pendidikan. Lewat Meet Eat Inspire (MENS) yang digelar, tidak hanya memberikan edukasi mengenai transformasi digital tetapi juga berdiskusi mengenai masalah yang dihadapi oleh para tenaga pendidik.
(skr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2692 seconds (0.1#10.140)
pixels