Serangan Siber Marak, Ini Tips Agar Tetap Aman di Dunia Maya 2024

Senin, 03 Juni 2024 - 11:11 WIB
loading...
Serangan Siber Marak, Ini Tips Agar Tetap Aman di Dunia Maya 2024
Ada beberapa langkah sederhana untuk menghindari ruang bagi penjahat siber melakukan aksinya. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Secara umum, 23,3% pengguna diserang oleh ancaman lokal selama kuartal pertama 2024. Di tahun ini, produk Kaspersky mendeteksi 10.094.836 insiden lokal pada komputer peserta KSN di Indonesia.

Angka tersebut turun 23,35% dibandingkan periode yang sama tahun 2023 sebanyak 13.170.332 deteksi. Data tersebut juga menempatkan Indonesia pada posisi ke-76 secara global.

Penggunaan statistik infeksi lokal untuk komputer pengguna merupakan indikator yang sangat penting. Worm dan virus file merupakan penyebab sebagian besar insiden tersebut. Data ini menunjukkan seberapa sering pengguna diserang oleh malware yang menyebar melalui drive USB yang dapat dilepas, CD dan DVD, serta metode “offline” lainnya.

Berikut menjaga diri tetap aman saat online:

• Jangan mengunduh dan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya

• Jangan mengklik link apa pun dari sumber tidak dikenal atau iklan online yang mencurigakan

• Buat kata sandi yang kuat dan unik, termasuk gabungan huruf kecil dan besar, angka, dan tanda baca, serta mengaktifkan autentikasi dua faktor

• Selalu perbarui perangkat lunak di semua perangkat yang Anda gunakan untuk mencegah penyerang menyusup ke jaringan Anda dengan mengeksploitasi kerentanan.

• Selalu instal pembaruan. Beberapa di antaranya mungkin berisi perbaikan masalah keamanan penting

• Periksa setiap link dengan cermat sebelum mengunjungi suatu situs, terutama untuk mengetahui adanya kesalahan ejaan atau penyimpangan lainnya.

• Jangan mempercayai email dari pengirim yang tidak dikenal sampai Anda dapat memverifikasi keasliannya.

• Jangan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak tepercaya, meskipun aplikasi tersebut diiklankan secara aktif, dan memblokir instalasi program dari sumber yang tidak dikenal di pengaturan ponsel cerdas Anda



• Jangan berikan izin aksesibilitas pada aplikasi apa pun yang memintanya - hanya sedikit program yang benar-benar memerlukan izin untuk melakukan hal ini.

• Gunakan koneksi yang aman, terutama saat Anda mengunjungi situs web sensitif. Untuk perlindungan maksimal, gunakan solusi VPN yang mengenkripsi lalulintasAnda.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3245 seconds (0.1#10.140)
pixels