5 Merek HP Terlaris di Indonesia 2024, vivo dan Xiaomi Geser Samsung dan Oppo

Sabtu, 11 Mei 2024 - 15:18 WIB
loading...
5 Merek HP Terlaris di Indonesia 2024, vivo dan Xiaomi Geser Samsung dan Oppo
vivo memimpin pengiriman smartphone di Indonesia untuk pertama kalinya dalam 3 tahun. Foto: vivo Indonesia
A A A
JAKARTA - Peta persaingan smartphone di Indonesia pada 2024 berubah drastis. Vivo dan Xiaomi merangsek ke posisi 1 dan 2. Apa penyebabnya?

Pengiriman smartphone di Indonesia meningkat 4% YoY (year-over-year) pada Q1 2024. Demikian menurut Monthly Indonesia Smartphone Tracker dari lembaga riset Counterpoint.

Produsen smartphone memulai 2024 dengan meluncurkan model-model baru secara agresif untuk memenuhi peningkatan permintaan yang diantisipasi selama Ramadan pada Maret silam. Akibatnya, pengiriman model yang baru diluncurkan tumbuh 183% dibandingkan tahun lalu.

Berbagai kegiatan promosi terlihat di saluran ritel seperti Erafone, di mana diskon tidak hanya untuk smartphone. Namun juga untuk aksesori atau produk IoT, serta voucher elektronik gratis.

Selain itu, toko online resmi, platform e-commerce dan saluran media sosial seperti X, IG, TikTok dan Facebook juga digunakan untuk memasarkan promosi.

Penjualan di toko offline sendiri juga terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Ini dipicu persaingan dari toko multi-merek independen dan toko smartphone resmi, seperti Oppo dan realme, yang terus memperluas area cakupan mereka.

Analis Senior Counterpoint Febriman Abdillah mengatakan, konsumen Indonesia telah terbiasa meningkatkan pengeluaran mereka selama Ramadan dan Idul Fitri.

“Ini termasuk belanja smartphone. Belajar dari tingginya permintaan pada Ramadan 2023, tahun ini para pabrikan HP mengejar peluncuran sebeulam Ramadan. Itu, dibantu lewat promosi seperti flash sale,” ungkap Febriman.

Pangsa Pasar Pengiriman Smartphone Indonesia, Q1 2024 vs Q1 2023
5 Merek HP Terlaris di Indonesia 2024, vivo dan Xiaomi Geser Samsung dan Oppo

Untuk pertama kalinya dalam 3 tahun terakhir, vivo mengambil posisi teratas pengiriman smartphone di Indonesia. Harap diingat, pengiriman adalah jumlah HP yang dikirimkan dari pabrik ke distributor. Bukan jumlah HP yang terjual.

Pangsa pasar vivo mencapai 19,2% didorong peningkatan saluran distribusi dan strategi pemasaran yang agresif.

Seri Y, termasuk model baru Y100 dan Y03, mendorong pengiriman vivo. Promosi di saluran online seperti Eraspace, Tokopedia, Blibli, Shopee dan Lazada, dan bermitra dengan merek fintech seperti Kredivo dan Spectra untuk promo cicilan, juga membantu vivo meningkatkan minat konsumen.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3600 seconds (0.1#10.140)