Kementerian Kesehatan Gandeng Google Cloud Kembangkan AI Generatif untuk Transformasi Layanan Kesehatan

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:12 WIB
loading...
Kementerian Kesehatan Gandeng Google Cloud Kembangkan AI Generatif untuk Transformasi Layanan Kesehatan
Kemenkes berupaya mengintegrasikan AI Generatif untuk mentransformasi layanan kesehatan mereka. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kementerian Kesehatan) ternyata tidak mau ketinggalan untuk mengadopsi Generatif AI. Mereka menggandeng Google Cloud untuk mendukung pengembangan Inovasi AI Generatif (gen AI) khusus layanan kesehatan.

Kolaborasi kedua organisasi tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak 2022.

Setiaji, Chief Digital Transformation Office (DTO), Kementerian Kesehatan, menyebut bahwa mereka ingin membuat informasi layanan kesehatan dapat diakses mudah.

“Kami sederhanakan sistem bagi profesional kesehatan sehingga mereka dapat fokus pada perawatan pasien,” ujar Setiaji.

“Google Cloud telah menyediakan sebuah lingkungan pengujian yang aman untuk inovasi AI layanan kesehatannya, dan berharap dapat menjajaki penerapan lebih lanjut dari teknologi ini guna memberdayakan kehidupan yang lebih sehat dan memuaskan di seluruh Indonesia,” tambahnya.

“Gen AI memiliki potensi besar untuk mentransformasi layanan kesehatan, namun memilih solusi yang tepat sangatlah penting,” jelas Fanly Tanto, Country Director, Indonesia, Google Cloud.

“Dengan AI di Google Cloud, Google memastikan teknologi kami mencakup perlindungan yang tepat bagi organisasi, penggunanya, dan masyarakat,” ujar Fanly.

“Kolaborasi kami dengan Kementerian Kesehatan sangatlah penting sebagai landasan bagi pertumbuhan solusi gen AI, yang membuka jalan bagi akses informasi kesehatan sesuai permintaan dan diagnosa atau rencana perawatan yang lebih tepat dengan tetap menjaga privasi dan keamanan data pasien,” tambahnya.

Google Bikin AI Gemini untuk Medis

DeepMind, Google Research dan lab riset AI Google, baru saja merilis rangkaian model AI canggih yang khusus menangani bidang medis.

Ini dianggap kemajuan besar di ranah diagnosa klinis dengan potensi aplikasi riil yang masif.

Gemini diharapkan bisa membantu dokter menangani banyak pasien dengan kebutuhan bervariasi dari yang sederhana hingga tingkat kompleks.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6329 seconds (0.1#10.140)