Mark Zuckerberg Ingin Bangkitkan Metaverse dari Kematian

Selasa, 23 April 2024 - 09:59 WIB
loading...
Mark Zuckerberg Ingin Bangkitkan Metaverse dari Kematian
Mark Zuckerberg ingin menjadikan Horizon OS sebagai pesaing Vision OS dan Apple Vision Pro. Foto: Meta
A A A
JAKARTA - Metaverse praktis tidak lagi disebut-sebut sejak akhir 2022. Tepatnya, setelah OpenAI mengenalkan Chat GPT. Sepanjang 2023-2024, diskusi teknologi hanya fokus di AI generatif.

Tapi, mungkin hal tersebut akan sedikit berubah. Sebab, CEO Meta Mark Zuckerberg baru saja mengungkap kemajuan terbaru metaverse lewat postingan Instagramnya. Bisa jadi, ini akan berdampak signifikan terhadap perkembangan metaverse dalam jangka panjang.

Berita besarnya adalah: Meta akan membuat sistem operasi terbuka (open-source) mixed reality yang dikembangkannya untuk Quest 3 dan headset Quest VR sebelumnya. Tujuannya, untuk memperluas ekosistem OS mixed reality tersebut ke berbagai perusahaan.

Nah, Meta hanya akan membangun fondasinya. Yakni, Horizon OS dengan Android Open Source Project. Versi XR-optimal Meta akan tersedia untuk digunakan oleh pabrikan lain lewat perangkat keras mereka.

Artinya, pabrikan seperti Asus atau lainnya yang membuat VR bisa menggunakan sistem operasi Horizon OS Meta. Sehingga orang bisa mendapatkan berbagai jenis perangkat VR dengan harga yang juga beragam.

Beberapa detail terkait proyek itu sudah dibagikan. Misalnya, blog Meta mengatakan bahwa Asus ROG sedang mengerjakan headset gaming performa tinggi.

Lalu, Lenovo akan mengembangkan headset produktivitas. Meta bahkan bermitra dengan Microsoft untuk membuat Quest edisi terbatas yang “terinspirasi oleh Xbox”.

Zuckerberg menyebut bahwa perusahaan lain bisa membuat perangkat VR untuk beragam kebutuhan khusus sesuai target marketnya.
Misalnya, produktivitas, kebugaran, menonton video, atau game 2D di layar virtual besar.

Meta juga memperbarui App Store Quest, yang akan menjadi Horizon Store. Siapa pun yang menjalankan Meta Horizon OS akan dapat melihat aplikasi yang kompatibel di Horizon Store, dan toko aplikasi tersebut sedang dikembangkan agar lebih banyak konten yang bisa di download.

Mark Zuckerberg Ingin Bangkitkan Metaverse dari Kematian

Selain game, aplikasi, dan konten Meta Quest yang ada, Horizon Store juga akan mencantumkan Xbox Cloud Gaming dan game Steam.

App Lab milik Meta mendapatkan peningkatan sehingga game dan aplikasi yang sedang dalam pengembangan awal ini akan lebih mudah ditemukan.



Zuckerberg juga menyebutkan kesediaan Meta untuk menambahkan Google Play Store ke Horizon OS serta platform Quest.

Sehingga, pengguna nantinya dapat menjalankan beberapa aplikasi Android dengan memuatnya secara sideloading di Quest 3, Quest 2, dan Quest Pro.

Meta memang ingin jadi alternatif open-source untuk Vision Pro Apple. Mereka ingin jadi "Android" dari platform headset XR.

Google sendiri saat ini sedang bermitra dengan Samsung dengan rencana serupa, dan sistem operasi Android XR resmi dapat segeradiluncurkan.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)