Perjalanan Hidup dan Karir Sam Altman, CEO OpenAI yang Kini Resmi Jadi Miliarder

Kamis, 11 April 2024 - 17:00 WIB
loading...
Perjalanan Hidup dan Karir Sam Altman, CEO OpenAI yang Kini Resmi Jadi Miliarder
i bawah kepemimpinan Altman sebagai CEO, OpenAI merilis alat AI generatif populer ke publik, termasuk DALL-E dan ChatGPT. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Forbes baru saja memasukkan CEO OpenAI Sam Altman ke dalam daftar miliarder. Nama Altman dikenal sejak OpenAI semakin populer di dunia. Berikut adalah bagaimana sang entrepreneur memulai perjalanan karirnya dan berakhir memimpin perusahaan AI paling dibicarakan.

2024 menjadi tahun besar bagi Sam Altman. Ia ditambahkan ke daftar miliarder Forbes pada April.

CEO berusia 38 tahun ini sebenarnya sudah lama dikenal di Silicon Valley. Namun, seluruh dunia baru mengenalnya melalui kesuksesan chatbot Artificial Intelligence (AI), ChatGPT, yang diluncurkan pada 2022.

Meski perusahaan yang didukung Microsoft itu telah berkembang pesat selama dua tahun terakhir, Forbes mengaitkan status miliarder Altman dengan investasinya yang lain.

Sebelum booming AI, Altman menghabiskan bertahun-tahun sebagai presiden startup accelerator Y Combinator, memiliki saham di Reddit, berinvestasi di startup fusi nuklir yang dikenal sebagai Helion, dan banyak lagi.

Perjalanan hidup dan karir Sam Altman
Perjalanan Hidup dan Karir Sam Altman, CEO OpenAI yang Kini Resmi Jadi Miliarder

- Altman tumbuh besar di St. Louis, Missouri. Ia belajar cara memprogram dan membongkar komputer Macintosh saat berusia 8 tahun.

- Altman mengaku bahwa ia gay kepada orang tuanya saat berusia 16 tahun. Ia bersekolah di John Burroughs School.

- Ia mengaku kepada seluruh komunitas sekolahnya sebagai gay setelah sebuah kelompok Kristen memboikot acara sekolah yang membahas tentang seksualitas.

- Altman belajar ilmu komputer di Stanford University selama dua tahun sebelum ia dan dua teman sekelasnya keluar untuk bekerja penuh waktu pada aplikasi mobile mereka, Loopt.

- Loopt adalah bagian dari kelompok pertama yang terdiri dari delapan perusahaan di startup accelerator Y Combinator. Altman dan timnya mendapatkan USD6.000 per pendiri.

- Loopt akhirnya mencapai valuasi USD175 juta, tapi tidak menarik minat yang cukup dari investor, sehingga pendirinya menjualnya seharga USD43 juta pada 2012.

- Setelah menjual Loopt, Altman mendirikan sebuah dana ventura bernama Hydrazine Capital, dan mengumpulkan USD21 juta.

- Pada 2014, pada usia 28 tahun, Altman terpilih oleh pendiri Y Combinator, Paul Graham, untuk menggantikannya sebagai presiden startup accelerator. Selama menjadi presiden YC, Altman ingin memasukkan lebih banyak startup sains dan teknik ke dalam setiap kelompok mereka.

- Pada Oktober 2021, Altman dan para pendiri lainnya meluncurkan Worldcoin, proyek cryptocurrency global yang ingin memberi semua orang di dunia akses ke crypto dengan memindai iris mereka.

Altman dan OpenAI

Perjalanan Hidup dan Karir Sam Altman, CEO OpenAI yang Kini Resmi Jadi Miliarder

CEO OpenAI Sam Altman dan pasangannya yang baru saja dinikahi pada 2023, Oliver Mulherin. Foto: ist

Altman ikut mendirikan OpenAI bersama dengan Elon Musk pada 2015. Di bawah kepemimpinan Altman sebagai CEO, OpenAI merilis alat AI generatif populer ke publik, termasuk DALL-E dan ChatGPT.

Baru-baru ini ChatGPT mulai menguji versi berbayar yang bernama "ChatGPT Professional". Altman mengatakan bahwa Open AI "harus memonetisasinya di beberapa titik karena biaya komputasi yang luar biasa".

Altman juga berinvestasi pada fusi nuklir dan menginvestasikan USD375 juta di Helion Energy pada 2022.

OpenAI meluncurkan rencana langganan percontohan untuk ChatGPT Plus, yang biayanya USD20 per bulan.



Altman mengatakan bahwa dirinya and OpenAI sedikit takut terhadap potensi AI seiring dengan perkembangannya.

Dalam penampilan pertamanya di hadapan Kongres, Altman mengatakan kepada panel Senat bahwa harus ada lembaga pemerintah yang memberikan lisensi kepada perusahaan yang mengerjakan AI tingkat lanjut.

OpenAI meluncurkan aplikasi ChatGPT untuk pengguna iPhone dan Android. Saat ini kekayaan bersih yang sudah melampauiUSD1miliar.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3062 seconds (0.1#10.140)
pixels