Apple Izinkan Emulator Game di App Store, Pengguna iPhone bisa Main Game Retro

Kamis, 11 April 2024 - 16:00 WIB
loading...
Apple Izinkan Emulator Game di App Store, Pengguna iPhone bisa Main Game Retro
Pengguna iPhone dan iPad bakal segera bisa memainkan game emulator di perangkat mereka. Foto: 9to5Mac
A A A
JAKARTA - Selain memperbarui panduan bagi pengembang (developer) untuk mengizinkan aplikasi streaming musik memiliki tautan ke situs web eksternal, Apple juga telah menambahkan aturan baru yang memungkinkan emulator game di App Store.

Panduan baru ini pertama kali dilihat oleh 9to5Mac. Aplikasi emulator konsol game retro diperbolehkan dan bahkan dapat menawarkan game yang dapat diunduh.

Apple juga dilaporkan mengkonfirmasi kepada pengembang melalui email bahwa mereka dapat membuat dan menawarkan emulator di toko aplikasinya.

Sebelumya Dilarang

Sebelumnya, perangkat lunak emulator tidak diizinkan di App Store, meskipun pengembang telah menemukan cara untuk mendistribusikannya kepada pengguna iOS.

Untuk dapat menginstalnya, pengguna biasanya perlu melakukan jailbreak dan mengunduh alat sideloading atau toko aplikasi alternatif yang tidak resmi terlebih dahulu.

Pembaruan aturan ini membuat pengguna tidak perlu lagi melakukan jailbreak untuk memainkan emulator Android ke iOS.


Tidak Boleh Game Bajakan

Meski demikian, Apple memperingatkan pengembang bahwa mereka "bertanggung jawab atas semua perangkat lunak yang ditawarkan di aplikasi [mereka], termasuk memastikan bahwa perangkat lunak tersebut mematuhi Panduan ini dan semua hukum yang berlaku."

Mengizinkan emulator di App Store bukan berarti mengizinkan game bajakan. Aplikasi apa pun yang menawarkan judul untuk diunduh di mana pengembang tidak memiliki haknya dilarang.

Maka, penggemar konsol tertentu seperti Gameboy, misalnya, harus berharap bahwa perusahaan mereka berencana untuk merilis emulator resmiuntukiOS.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)