7 Tren Jelang Lebaran 2024 Menurut Traveloka

Jum'at, 05 April 2024 - 16:00 WIB
loading...
7 Tren Jelang Lebaran 2024 Menurut Traveloka
Ada 8 tren jelang Lebaran 2024 yang menarik diketahui, termasuk peningkatan masyarakat terhadap transportasi umum. Foto: Traveloka
A A A
JAKARTA - Jelang Hari Raya Idulfitri 1445 H, Traveloka mencatat peningkatan pencarian tiket pesawat, bus & travel hingga kereta api naik.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia memperkirakan potensi pergerakan masyarakat selama musim Lebaran 2024 dapat mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia atau mencapai 193,6 juta orang.

CEO of Transport Traveloka Iko Putera melihat bahwa konsumen mulai merencanakan perjalanan mereka sedini mungkin, bahkan sejak bulan Februari.

“Tidak hanya produk transportasi, namun produk akomodasi juga mengalami peningkatan pemesanan, menandakan tren staycation masih menjadi favorit. Selain itu, momentum Lebaran ini juga dimanfaatkan konsumen untuk berlibur ke sejumlah atraksi wisata,” ungkapnya.

Nah, berikut tren mudik Lebaran 2024 yang menarik untuk disimak:

1. Lonjakan Pencarian Transportasi

Di 2024, Traveloka melihat tren mudik dan libur Lebaran 2024 mengalami peningkatan signifikan dalam pemesanan tiket transportasi, akomodasi dan atraksi selama Ramadan. Tren pencarian Bus & Travel untuk periode Lebaran meningkat sebanyak hampir 12 kali lipat dan Kereta Api meningkat sebanyak lebih dari 30 kali lipat.

2. Destinasi Lokal: Surabaya hingga Bali

Data internal Traveloka menunjukkan adanya lonjakan untuk pencarian transportasi, dengan pencarian tiket Pesawat untuk destinasi teratas seperti Surabaya, Yogyakarta, Padang, Makassar, dan Bali naik sebesar dua kali lipat jika dibandingkan bulan sebelumnya.

3. Destinasi Internasional: Singapura dan Malaysia

Di periode yang sama, minat masyarakat untuk berlibur ke destinasi internasional seperti Kuala Lumpur, Singapura dan Bangkok juga mengalami peningkatan.

4. Kereta Api, Bus, dan Travel

Moda transportasi darat seperti Kereta Api, Bus & Travel juga masih menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian khususnya di wilayah lintas pulau Jawa.

5. Puncak Keberangkatan

Untuk moda transportasi Pesawat puncak keberangkatan terjadi pada 5-6 April 2024, dengan arus balik pada 14-15 April 2024. Sementara untuk Kereta Api, puncak keberangkatan terjadi pada 5-8 April 2024 dan arus balik mulai 13-15 April 2024.

Khusus Bus dan Travel, Traveloka melihat lonjakan keberangkatan terjadi pada 3-8 April 2024 dan arus balik pada 13-15 April 2024.

6. Pencarian Akomodasi

Peningkatan pencarian di sektor transportasi, diikuti peningkatan jumlah pencarian akomodasi selama periode libur Lebaran yang mencapai lebih dari 50% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Jenis akomodasi seperti hotel bintang 4 menjadi yang paling banyak dicari, baik di dalam kota untuk staycation maupun luar kota untuk berlibur.

Adapun Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Malang merupakan daerah tujuan utama bagi konsumen yang mencari akomodasi selama masa mudik dan libur Lebaran 2024.

7. Atraksi Wisata

Momentum libur Lebaran ini juga dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi berbagai atraksi wisata. Hal ini terlihat dari meningkatnya pencarian untuk kategori taman wisata dan taman bermain hingga 2 kali lipat.

Fenomena ini diikuti meningkatnya angka wisatawan dari luar Jakarta, dimana tempat-tempat wisata populer seperti Dufan - Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Kidzania, masih menjadi tempat wisata favorit konsumen.



Beberapa tempat wisata lain seperti Tari Kecak Pura Uluwatu (Bali) dan Jatim Park (Malang) juga diminati. Pemilihan paket tur wisata juga mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dengan destinasi populer meliputi Labuan Bajo, Kintamani, Kepulauan Seribu, Ubud dan Borobudur (PunthukSetumbu).
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2815 seconds (0.1#10.140)