Kominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi Lancar di Mudik Lebaran Terbesar 2024

Kamis, 04 April 2024 - 21:25 WIB
loading...
Kominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi Lancar di Mudik Lebaran Terbesar 2024
Mudik Lebaran Terbesar di 2024 yang akan terjadi tahun ini butuh dukungan komunikasi yang prima. Foto: Sindonews
A A A
JAKARTA - Mudik Lebaran 2024 diprediksi menjadi yang terbesar dalam sejarah Indonesia dengan 193,6 juta orang bepergian. Kominfo memastikan jaringan telekomunikasi siap dengan peningkatan kualitas dan trafik.

Menkominfo Budi Arie Setiadi menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan DPR RI untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi pada mudik Lebaran 2024.

Salah satunya, dengan meningkatkan Quality of Service alias kapasitas jaringan telekomunikasi untuk meningkatkan kapasitas jaringan internet. Sebab, pihaknya memperkirakan akan terjadi peningkatan trafik telekomunikasi pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Hal itu terjadi karena pergerakan yang begitu masif mulai dari dari rumah, terminal, stasiun, pelabuhan dan bandar udara, sepanjang perjalanan hingga tiba di tujuan mudik tentu tidak bisa dilepaskan dari layanan telekomunikasi.

“Kita sudah laporkan ke Komisi 1 di DPR untuk semua titik-titik stasiun ke bandara untuk meningkatkan kapasitasnya (jaringan telekomunikasi),” ujar Budi, saat diwawancara di kantor Kominfo, Jakarta, belum lama ini.

Terlebih, Budi menyebut, bahwa mudik tahun ini merupakan momen mudik terbesar dalam sejarah Indonesia, di mana total pergerakan masyarakat selama periode lebaran Idulfitri 2024 bisa mencapai 193,6 juta orang.

“Tahun ini mudik terbesar dalam sejarah Indonesia, ada 193 juta arus mudik, kita harus siap,” ungkapnya.

Budi lantas berharap, peningkatan arus mudik di tahun ini bisa didukung dengan kelancaran dan keamanan selama perjalan mudik. “Kita harapkan semuanya mudik lancar, karena sesuai tema mudik tahun ini, mudik ceria penuh makna,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kominfo sebelumnya telah meminta para perusahaan telekomunikasi untuk mempersiapkan pelonjakan trafik telekomunikasi pada saat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Menkominfo menjelaskan, setidaknya terdapat tiga langkah antisipasi yang dilaksanakan Kementerian Kominfo. Langkah konkret pertama yang dilakukan oleh Kominfo adalah dengan cara melakukan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2485 seconds (0.1#10.140)