Tiga Cara yang Patut Dicoba Supaya Bisnis Anda Sukses Go Online

Minggu, 16 Agustus 2020 - 21:14 WIB
loading...
Tiga Cara yang Patut Dicoba Supaya Bisnis Anda Sukses Go Online
Ada tiga cara yang bisa dipilih penjual untuk bisa go online, yaitu menggelar lapak di media sosial, marketplace atau lewat website sendiri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pilihan ekosistem untuk menjual produk secara online sudah ada banyak di dunia maya. Penjual bisa memilih untuk menggelar lapak di media sosial, marketplace atau lewat website sendiri. (Baca juga: Beginilah Rupa dari Samsung Galaxy S20 Fan Edition 5G )

Ketiganya memiliki cara kelebihan dan kekurangannya. Apakah Anda sudah memakai ketiganya untuk meningkatkan omzet bisnis?

Cara pertama adalah media sosial. Anda bisa berjualan di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Kedua platform telah dilengkapi fitur-fitur yang mendukung untuk berjualan online.

Kelebihan yang paling menonjol dari sosial media adalah Anda bisa mengumpulkan pengguna untuk menjadi pelanggan. Dan konsumen memang cenderung mencari informasi seputar produk melalui media sosial. Kelemahannya, belum ada dukungan fitur jualan seperti sistem order contohnya.

Cara kedua adalah marketplace. Anda bisa berjualan di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Ketiga marketplace ini menjadi solusi untuk produk Anda bisa dijangkau oleh konsumen di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Fitur jualan dipastikan lengkap di marketplace. Kelebihannya siapa pun yang mengunjungi marketplace memang bertujuan untuk jual beli. Sehingga sudah mempersiapkan diri untuk membeli suatu produk. Namun banyaknya penjual akan membuat perang harga antarpedagang.

Cara ketiga adalah platform online. Anda bisa berjualan melalui jasa pihak ketiga seperti aplikasi, membuat website atau platform online. Seperti aplikasi jasa layanan pesan antar online, aplikasi kasir online, gudang online, dan lainnya.

Sedangkan website, Anda bisa memaksimalkan tampilan katalog produk Anda sampai tampilan pembayaran. Biaya investasinya dibilang cukup mahal agar dilengkapi dengan banyak fitur pendukung seperti payment gateway atau pembayaran, dukungan ekspedisi, dan dukungan sistem order.

Tentu yang paling baru adalah platform online. Salah satunya platform online bernama Payou. Apa itu Payou? Payou merupakan platform online yang mana Anda bisa menjual secara online produk ke konsumen dengan fokus pada konsumen yang ada di kota Anda.

Sehingga Anda memiliki fitur-fitur pendukung seperti pengantaran berdasarkan map, bayar di tempat, dan rekapan penjualan serta data konsumen secara rapi. Fitur-fitur pendukung lengkap bisa didapatkan tanpa perlu menguras kantong berlebihan.

Kebutuhan pelaku usaha bisa go online ini meningkat dikarenakan masa pademik ini mengubah perilaku konsumen yang enggan keluar rumah. Mereka lebih banyak berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan cara online.

Bagi Anda yang masih bingung, bisa memilih satu dari ketiga cara ini. Atau bahkan bisa memilih semuanya untuk memaksimalkan omset jualan Anda.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)