Vladimir Putin Desak Rusia Hidupkan Kembali Industri Game

Senin, 01 April 2024 - 09:00 WIB
loading...
Vladimir Putin Desak Rusia Hidupkan Kembali Industri Game
Rusia siap hidupkan kembali Industri Game. FOTO/ BGR
A A A
MOSCOW - Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan negaranya untuk hadirkan kembali industri video game negaranya.



Seperti dilansir dari RT , Putin telah mendelegasikan penelitian mengenai kelayakan dan potensi pengembangan industri video game yang di-reboot di negara tersebut.

Menurut pernyataan yang diterbitkan di situs resmi Kremlin pada tanggal 27 Maret, Putin “menginstruksikan pemerintah untuk mempertimbangkan persyaratan untuk mengatur produksi konsol game stasioner dan portabel di Rusia.”

Perintah tersebut dikeluarkan setelah pertemuan mengenai pembangunan sosio-ekonomi di Wilayah Kaliningrad.

Kabarnya, Putin meminta Kabinet Menterinya untuk mempertimbangkan pengembangan konsol game, sistem operasi khusus, dan sistem cloud yang dapat diterapkan.

Perintah ini mengikuti peta jalan lima tahun yang berisi 83 poin untuk membawa pengembangan video game kembali ke Rusia yang disediakan pada bulan Februari oleh Organisasi untuk Pengembangan Industri Video Game (RVI). Batas waktu pelaksanaan perintah presiden saat ini adalah 15 Juni.

Rusia mengembangkan dunia game yang produktif pada tahun 1980an ketika konsol seperti Atari 400 dan 800 serta Commodore 64 masuk ke negara tersebut dari luar negeri.

Seperti diketahui Rusi, cukup piawai dalam pengembang dan pemrogram seperti yang ada di era Uni Soviet dengan cepat mulai membuat game mereka sendiri untuk PC dan konsol yang tersedia.

Nama besar yang muncul adalah Salah satunya Alexei Pajitnov, yang menciptakan game legendaris Tetris pada tahun 1985.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8030 seconds (0.1#10.140)