Apple Berambisi Gandeng Google dan OpenAI demi Teknologi AI

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:02 WIB
loading...
Apple Berambisi Gandeng Google dan OpenAI demi Teknologi AI
Apple siap gandeng Google dan OpenAI. FOTO/ CNET
A A A
CUPERTINO - Apple dikabarkan sedang dalam negosiasi aktif dengan Google untuk menghadirkan teknologi AI generatif Gemini ke iPhone.



Seperti dilansir dari The Verge, Selasa (19/3/2024), di sisi lain, Apple juga mempertimbangkan untuk menggunakan ChatGPT dari OpenAI.

CEO Tim Cook telah mengkonfirmasi bahwa Apple mencurahkan banyak waktu dan upaya untuk mengembangkan fitur kecerdasan buatan, dan berencana untuk merilisnya kepada pelanggan akhir tahun ini.

Laporan Bloomberg menunjukkan bahwa fitur AI yang ada di produk Apple pada akhirnya dapat didukung oleh kombinasi model AI pihak pertama dan ketiga.

Model Apple dapat mendukung AI generatif pada perangkat dengan iOS 18, yang akan dirilis akhir tahun ini. Sementara itu, fitur AI berbasis cloud seperti pembuatan teks dan gambar dapat dilakukan melalui kemitraan dengan perusahaan seperti Google.

Tim Cook mengonfirmasi fitur AI generatif Apple akan hadir ‘akhir tahun ini. Apple bukan perusahaan pertama yang memanfaatkan raksasa pencarian tersebut untuk menyediakan fitur AI pada perangkatnya.

Awal tahun ini, Samsung menambahkan serangkaian fitur bermerek Galaxy AI ke smartphone Galaxy S24, yang ditenagai oleh teknologi AI Google.

Potensi branding atau implementasi teknologi AI Google ke dalam perangkat Apple masih belum diputuskan.

Pembuat iPhone telah memiliki kesepakatan jangka panjang dengan Google untuk menjadikan Google Penelusuran sebagai default di perangkatnya, dalam perjanjian yang diyakini bernilai $18 miliar per tahun.

Namun, kesepakatan tersebut menuai kontroversi di kalangan regulator, dengan Departemen Kehakiman AS menuduh Google menggunakannya untuk memperkuat posisi pasar mesin pencarinya secara tidak adil.

Apple memiliki ambisi besar untuk mengembangkan AI di perangkatnya. Baik Google maupun OpenAI dapat menjadi mitra dalam mewujudkan ambisi ini, dengan model AI pihak pertama dan ketiga yang saling melengkapi.

Masa depan AI di Apple masih penuh dengan kemungkinan, dan kita tunggu saja bagaimana mereka akan merealisasikannya di akhir tahun ini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)