Mantan Insinyur Google Ungkap Teknologi Nanobot yang Bisa Bikin Manusia Abadi

Sabtu, 09 Maret 2024 - 12:05 WIB
loading...
Mantan Insinyur Google Ungkap Teknologi Nanobot yang Bisa Bikin Manusia Abadi
Keabadian telah menjadi impian manusia sejak zaman purba. (Foto: Creative Commons Attribution 4.0)
A A A
JAKARTA - Keabadian telah menjadi impian manusia sejak zaman purba. Kegemaran manusia untuk menyiasati kematian tercermin dalam catatan ilmiah, mitologi, dan cerita rakyat yang berasal setidaknya dari Mesir kuno.

Greek Reporter melansir, Sabtu (9/3/2024) Ray Kurzweil, seorang mantan insinyur Google mengklaim bahwa manusia akan mencapai keabadian pada 2030. Selama ini 86 persen dari 147 prediksinya telah terbukti benar.

Kurzweil berbicara di saluran YouTube Adagio, membahas perluasan dalam genetika, nanoteknologi, dan robotika, yang menurutnya akan mengarah pada teknologi nanobot yang dapat membalikkan usia.

Robot kecil ini akan memperbaiki sel dan jaringan yang rusak dan memburuk seiring bertambahnya usia tubuh serta membuat manusia kebal terhadap penyakit seperti kanker.

Prediksi bahwa pencapaian seperti ini dapat tercapai pada 2030 telah menimbulkan keraguan, karena menyembuhkan semua penyakit mematikan tampaknya jauh dari jangkauan.



Kurzweil dipekerjakan oleh Google pada 2012 pada proyek-proyek baru yang melibatkan pembelajaran mesin dan pemrosesan bahasa, tetapi dia telah meramalkan kemajuan teknologi sejak lama.

Pada 1990, dia meramalkan bahwa pemain catur terbaik di dunia akan kalah dari komputer pada 2000. Hal itu terjadi pada 1997 ketika Deep Blue mengalahkan Gary Kasparov.

Kurzweil membuat prediksi mengejutkan lainnya pada 1999. Ia mengatakan bahwa pada 2023, laptop seharga 1.000 dollar AS akan memiliki daya komputasi dan kapasitas penyimpanan otak manusia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)