Luar Biasa, Samsung Garap Proyek Kamera Smartphone 600 MP

Jum'at, 01 Mei 2020 - 02:30 WIB
loading...
Luar Biasa, Samsung Garap Proyek Kamera Smartphone 600 MP
Samsung tengah mengembangkan sensor smartphone 600 MP setelah sukses membangun kamera 108 MP untuk Galaxy S20 Ultra. Foto/GSM Arena
A A A
SEOUL - Perlombaan untuk kamera ultra-resolusi mencapai angka yang mengesankan dengan munculnya modul 108 MP. Smartphone pertama yang menawarkan modul kamera besar ini adalah Xiaomi dengan seri Mi Note 10-nya.

Samsung pun segera mengikutinya dengan Galaxy S20 Ultra yang menampilkan sensor 108 MP sendiri. Menurut laporan, perusahaan Korea itu tidak puas dengan apa yang sudah dicapai dan ingin melampaui modul tersebut.

Laman Giz China menyebutkan, dalam jangka penjang Samsung ingin menghadirkan sensor gambar 600 MP yang akan menjadi saingan sejati bagi mata manusia. Namun dalam jangka pendek mereka ingin membawa smartphone dengan kamera 250 MP.

Menurut laporan dari sumber yang sangat akrab dengan isu ini, raksasa Korea tengah bekerja pada sensor 250 MP dengan ukuran sampai 1 inci diagonal. Ponsel unggulan terbaru perusahaan -Galaxy S20 Ultra- memiliki sensor 108 MP dengan 1/1,33 inci. Itu masih jauh lebih kecil dari modul 1 inci yang dikabarkan sedang digarap Samsung.

Laporan yang sama menyatakan Samsung cukup banyak melakukan pengembangan kamera 150 MP-nya. Karena itu kita bisa berharap smartphone pertama yang datang dengan modul kamera ini hadir pada paruh kedua 2020. Tebakan terbaiknya adalah Galaxy Note20 Ultra.

Sensor Gambar 150 MP Pertama
Seri Ultra dimulai dengan S20 Ultra dan semua yang ada di smartphone itu dibangun untuk mengesankan pasar. Mempertimbangkan fakta unit merupakan satu-satunya S20 yang memiliki fitur sensor gambar sebesar itu, maka publik percaya Note20 Ultra akan menjadi pilihan sempurna untuk menggendong kamera 150 MP yang tengah dibangun Samsung.

Penggunaan sensor tersebut tidak wajib berupa smartphone besutan Samsung. Sebab Samsung adalah salah satu pemasok modul kamera terbesar di dunia. Sensor gambar yang lebih baru bisa digunakan pada handphone milik OEM lain, seperti Xiaomi dan Mi Note berikutnya.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2257 seconds (0.1#10.140)