3 Bahaya Membeli iPhone Refurbished yang Perlu Diperhatikan

Sabtu, 03 Februari 2024 - 16:35 WIB
loading...
3 Bahaya Membeli iPhone Refurbished yang Perlu Diperhatikan
Kerugian membeli iPhone refurbished penting untuk dipahami pengguna, jangan sampai tertipu. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Bahaya membeli iPhone refurbished ini perlu diketahui supaya dapat melakukan antisipasi. Namun sebelum itu, alangkah baiknya untuk mengetahui tentang apa itu iPhone refurbish terlebih dahulu.

iPhone refurbished merupakan iPhone lama atau bekas yang mendapat pembaharuan dari pihak Apple sendiri. Proses pembaharuan ini meliputi penggantian suku cadang hingga pengujian ulang untuk membuat performa iPhone seperti baru.

Pada dasarnya iPhone refurbished yang dikelola oleh Apple ini merupakan produk original. Bahkan jenis iPhone ini telah mendapat sertifikasi dari Apple untuk mendapat garansi selama satu tahun.

Satu hal yang paling diincar dari iPhone refurbished ini adalah harganya yang lebih murah ketimbang harus membeli iPhone baru.

Lantas jika memang iPhone refurbished ini resmi dan dijamin garansinya oleh Apple kenapa masih harus berhati-hati jika membeli iPhone jenis ini?
Rupanya masih terdapat beberapa faktor yang dapat membuat calon pembeli lebih baik membeli iPhone baru ketimbang bekas.

3 Bahaya Membeli iPhone Refurbished

1. Kualitas Tidak Menentu

Sebagai barang bekas tentunya iPhone refurbished memiliki kualitas yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain, dan pembeli tidak akan mengetahui jika dirinya akan mendapat iPhone dengan kualitas yang masih bagus atau tidak.

Meski Apple telah melakukan pembaharuan sistem dengan mengganti berbagai suku cadang dengan yang original, kualitas ponsel ini tidak akan pulih seperti baru. Karena itulah harganya lebih murah.

2. Penurunan Kemampuan

Barang bekas atau lama yang sebelumnya sudah pernah dipakai pastinya akan mengalami penurunan kemampuan. Seperti baterai yang lebih cepat drop atau beberapa fitur yang mudah rusak.

Hal ini biasanya disebabkan oleh penggunaan berlebihan pengguna sebelumnya. Meski begitu, kondisi ini bisa saja tidak menentu karena akan tetap ada beberapa produk iPhone refurbished yang kemampuannya masih bagus.

3. Berisiko Terkena Penipuan

Bahaya membeli iPhone refurbished yang paling utama adalah rawan penipuan. Biasanya akan ada penjual nakal yang memperdagangkan iPhone bekas dengan embel-embel refurbished supaya terdengar menjanjikan.



Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya pembeli membeli iPhone refurbished langsung ke gerai resmi supaya terjamin dan mendapat garansi, serta jangan mudah percaya dengan pedagang online yang menjajakan iPhone refurbished.

Itulah tiga bahaya membeli iPhone refurbished yang perlu diketahui sebelum melakukan transaksi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi paracalonpembeli.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)