Kapan Waktu yang Tepat Harus Ganti HP? Ada 6 Faktor yang Memengaruhi

Rabu, 31 Januari 2024 - 19:18 WIB
loading...
Kapan Waktu yang Tepat Harus Ganti HP? Ada 6 Faktor yang Memengaruhi
Pengguna harus benar-benar cermat saat memutuskan untuk mengganti HP lama dengan yang baru, agar lebih hemat. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Kapan waktu yang tepat harus ganti HP? Pertanyaan ini kerap terbesit di pikiran mengingat keputusan untuk mengganti ponsel atau smartphone tidak dapat ditentukan dengan aturan yang baku karena banyak faktor yang perlu dipertimbangkan.

Saat ini HP atau smartphone seakan telah jadi benda wajib yang harus dimiliki. Terkait fungsinya yang selain menjadi alat komunikasi juga jadi sumber pencari informasi.

Meski begitu, usia HP atau smartphone saat ini tidaklah panjang karena ada beberapa kondisi yang membuat seseorang harus mengganti gadget miliknya dengan versi terbaru.

Berikut ini beberapa kondisi atau faktor yang mengharuskan seseorang mengganti HP.

Inilah Waktu yang Tepat Harus Ganti HP

1. Kinerja HP Melambat

Waktu yang tepat untuk mengganti HP adalah ketika seseorang mulai merasa HP yang digunakan mulai terasa lambat atau tidak mampu menjalankan aplikasi atau tugas tertentu dengan baik.

Ini bisa jadi pertanda bahwa HP tersebut sudah tidak lagi memadai untuk kebutuhan sehari-hari. Mengingat setiap tahun sejumlah aplikasi akan selalu melakukan pembaharuan sehingga ukurannya akan lebih berat.

Hal tersebut membuat HP lama yang memiliki spesifikasi di bawah rata-rata akan kesulitan untuk mengakses berbagai aplikasi karena selalu terbatas dalam penggunaan memory.

2. Pembaharuan Sistem Operasi

Setiap tahun baik sistem Android, Windows, atau iOS selalu memperbaharui sistem operasinya demi menghadirkan fitur-fitur terbaru. Hal ini membuat sejumlah hp lama tidak akan mendapat pembaharuan.

Sebenarnya hal ini tidaklah terasa dalam jangka waktu beberapa tahun. Namun lama-kelamaan fitur-fitur terbaru yang dihadirkan bisa saja jadi salah satu hal yang penting di masa depan.

3. Kondisi Fisik

Jika kondisi fisik hp saat ini sudah mulai buruk, seperti layar yang pecah atau beberapa tombol yang mulai tidak berfungsi, tentunya kan menjadi penghambat ketika mengoperasikan HP.

Hal ini sebenarnya bisa diperbaiki dengan mengganti beberapa komponen. Namun banyak orang yang berpikir daripada menambah biaya untuk melakukan perbaikan, lebih baik menggunakan dana tersebut untuk membeli hp baru.

4. Kebutuhan Penggunaan

Kebutuhan pengguna yang terus meningkat dan tidak dapat dicukupi oleh hp yang ada dalam genggaman juga bisa jadi faktor harus segera ganti HP.

Saat ini telah banyak HP yang memiliki kemampuan seperti mengedit video, memainkan game berat, atau menciptakan foto berkualitas layaknya kamera profesional. Beragamnya kemampuan hp saat inilah yang membuat seseorang selalu tertarik untuk mengganti ponsel.

5. HP Rusak

Jika HP mengalami kerusakan parah dan biaya perbaikan sama seperti biaya untuk membeli ponsel baru, maka banyak orang yang lebih memilih untuk membeli ponsel baru. Kerusakan ini bisa berupa baterai cepat drop, tidak bisa menyala, hingga LCD atau kamera rusak. Terlebih jika masa garansi ponsel sudah hangus.


6. Kondisi Finansial

Seseorang yang memiliki kondisi finansial mumpuni sebenarnya bisa berganti hp kapan saja jika sebuah merek telah meluncurkan produk terbarunya. Contohnya saja seperti iPhone yang mengeluarkan varian baru setiap tahun, atau bahkan android yang setiap bulan muncul HPbaru.

Hal ini disebabkan oleh tren atau inovasi teknologi tertentu yang diikuti seseorang. Sehingga selalu mempertimbangkan untuk mengganti ponsel untuk mendapatkan manfaat dari perkembangan tersebut.

Itulah jawaban untuk pertanyaan kapan waktu yang tepat harus ganti HP? Semoga informasi ini bisabermanfaat.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2666 seconds (0.1#10.140)