Seorang YouTuber Berhasil Bikin PS5 Versi Tablet

Selasa, 16 Januari 2024 - 16:03 WIB
loading...
Seorang YouTuber Berhasil Bikin PS5 Versi Tablet
PS5 Versi Tablet. FOTO/ CNET
A A A
LONDON - Seorang YouTuber dengan kanal DIY Perks berhasil membuat PlayStation (PS) 5 versi tablet yang memungkinkan bermain game saat bepergian. Kehadiran konsol ini menjadi yang pertama, bahkan melangkahi Sony sekalipun.



Untuk diketahui, Sony sendiri sampai saat ini hanya menghadirkan PlayStation Portal, alih-alih PS5 Portabel seperti yang dirancang DIY Perks. Bahkan sejumlah pihak menilai PlayStation Portal sendiri belum mampu menandingi kemampuan PS5 versi tablet.

Melansir dari kontennya yang berjudul "Building the WORLDS FIRST PlayStation 5: Tablet Edition", Selasa (16/1/2024), dalam pembuatannya DIY Perks terlebih dahulu membongkar konsol PS5 dan mengambil beberapa komponen penting untuk nantinya disandingkan dengan layar OLED beresolusi 4K yang mengesankan.

Mengingat perbedaan ukuran antara konsol PS5 asli dan tablet buatannya, tak lupa DIY Perks juga memodifikasi beberapa bagian komponen untuk memastikan kedua perangkat, baik itu PS5 dan layar bisa terhubung dan berjalan dengan baik.

DIY Perks menyebut salah satu kunci kenapa PS5 versi tablet ini bisa dilahirkan adalah karena adanya desain ulang PS5 yang dilakukan oleh pihak Sony.

PS5 kini memiliki motherboard yang jauh lebih kecil dibandingkan motherboard saat pertama kali diluncurkan, sehingga dapat memuat lebih baik ke dalam perangkat tablet.

Tantangan utama untuk DIY Perks adalah menemukan cara untuk memanfaatkan semua peralatan pendingin, yang penting untuk kelancaran bermain di perangkat. Namun ini bisa diatasi dengan melepas heatsink utama dan menggantinya dengan yang jauh lebih kecil.

Meskipun PS5 versi tablet DIY Perks telah terbukti bisa berjalan, namun belum ada tanda-tanda konsol tersebut akan dijual secara massal. Tapi yang jelas gebrakan DIY Perks seharusnya sudah cukup untuk memacu Sony membuat inovasi serupa dalam beberapa waktu kedepan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)