Beberkan Strategi Baru di CES 2024, LG Kenalkan Istilah Affectionate Intelligence

Senin, 15 Januari 2024 - 19:05 WIB
loading...
Beberkan Strategi Baru di CES 2024, LG Kenalkan Istilah Affectionate Intelligence
LG mengenalkan istilah Affectionate Intelligence di ajang CES 2024, sekaligus arah perusahaan yang fokus di kecerdasan buatan. Foto: LG
A A A
LAS VEGAS - LG Electronics (LG) punya strategi baru di 2024. Yakni, bertransformasi jadi perusahaan yang menyediakan solusi untuk kehidupan cerdas. Hal tersebut disampaikan CEO LG William Cho di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, AS, dimana mereka memperkenalkan visi baru “Reinvent Your Future” (Menciptakan Kembali Masa Depan).

Dikatakan William Cho, LG kini bakal memperlebar bisnisnya. Tak sekadar mendukung aktivitas di rumah, juga merambah beragam ruang termasuk mobilitas, komersial dan virtual.

“Kami juga fokus pada 3C2S, yakni Kepedulian (Care), Konektivitas (Connectivity), Kustomisasi (Customization), Pelayanan (Servitization) dan Keberlanjutan (Sustainability),” bebernya.

Manfaat AI di Dunia Nyata
Beberkan Strategi Baru di CES 2024, LG Kenalkan Istilah Affectionate Intelligence

Cho mengatakan, LG berupaya untuk mengimplementasikan AI di dunia nyata. Ia menyebutnya sebagai “Kecerdasan Penuh Afeksi” (Affectionate Intelligence). “Karena AI bisa menumbuhkan pengalaman pengguna yang lebih peduli, berempati, dan penuh perhatian,” bebernya.

Cho juga menyoroti karakteristik unik solusi AI LG. Dimulai dengan memanfaatkan kekayaan data, baik skala maupun kualitasnya. Menurutnya, sebagian besar dari 500-700 juta produk LG yang digunakan di seluruh dunia telah dilengkapi sensor cerdas dengan dukungan AI. Disitu, mereka mempelajari dan menganalisis pola kehidupan secara fisik maupun emosional.

Menurutnya, kumpulan data ini memberikan wawasan berharga mengenai interaksi pengguna dan perangkat, lingkungan pengguna, pola perilaku dan keadaan emosi. “Sehingga kami bisa memberi solusi gaya hidup lebih baik dan cerdas,” ujar Cho.

LG AI Brain dan LG Shield
Beberkan Strategi Baru di CES 2024, LG Kenalkan Istilah Affectionate Intelligence

Salah satu teknologi terbaru LG adalah LG AI Brain, mesin pemrosesan canggih yang digerakkan Large Language Model (LLM) LG. Memanfaatkan besarnya data pengguna, LG AI Brain memperkirakan kebutuhan pengguna tak hanya berdasarkan interaksi antara pengguna dan produk.

“Namun juga pembelajaran kontekstual, melakukan proses penalaran tingkat lanjut dan menghasilkan solusi optimal melalui pengaturan tindakan perangkat fisik,” bebernya.

Selain itu, LG juga sangat hati-hati dengna AI. Terutama soal sistem keamanan data perusahaan. Karena itu, mereka punya LG Shield. Sistem keamanan data ini dirancang melindungi data dan informasi pribadi di setiap tahap proses, mulai pengumpulan dan penyimpanan hingga pemanfaatan.

Dari Dalam Rumah hingga Otomotif
Beberkan Strategi Baru di CES 2024, LG Kenalkan Istilah Affectionate Intelligence

Salah satu layanan LG yang bisa langsung dirasakan pengguna adalah ChatThinQ. Yakni, chatbot AI generatif yang memungkinkan percakapan alami dengan pengguna.

Selain itu, ada juga 3D Home View yang merupakan visualisasi 3D rumah untuk kontrol ruang terintegrasi dengan cara intuitif.

Sementara dalam bidang mobilitas, perusahaan memiliki visi sama untuk menjadikan mobil sebagai ‘ruang hidup di atas roda’ dengan dukungan solusi dari Software-Defined Vehicle (SDV).

Presiden LG Vehicle Solution Company Eun Seok-hyun menyebut bahwa LG memiliki AlphaWare yang merupakan rangkaian solusi perangkat lunak perusahaan untuk SDV.



LG AlphaWare menyertakan modul perangkat lunak serbaguna untuk menyempurnakan sistem operasi kendaraan yang ada dan membantu membangun platform baru.

Diantaranya sebagai solusi operasi yang membantu pengembang perangkat lunak sepanjang proses pengembangan perangkat lunak. Mulai desain hingga penerapan, solusi hiburan dalam kabin yang memungkinkan tampilan konten definisi tinggi dan suara berkualitas tinggi, juga solusi antarmuka manusia dan mesin yang memanfaatkan teknologi AR/MR dan AI untuk memberikan pengalaman berkendaramendalam.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3808 seconds (0.1#10.140)