Mengatasi Masalah Paling Menjengkelkan di HP: Layar Mencet Sendiri

Jum'at, 12 Januari 2024 - 07:50 WIB
loading...
Mengatasi Masalah Paling Menjengkelkan di HP: Layar Mencet Sendiri
Masalah HP mencet sendiri cukup mengganggu pengguna, tapi ada beberapa cara untuk menyiasatinya. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi layar HP mencet sendiri sangat menarik untuk diulas. Mengingat masalah ini kadang kali muncul dan jelas sangat menjengkelkan lantaran dapat menggangu aktivitas bermain HP.

Tak perlu khawatir akan mengalami kesulitan karena ada banyak cara untuk mengatasinya dan langkah-langkahnya sebenarnya mudah. Lantas bagaimana cara mengatasi layar hp mencet sendiri? Berikut ulasannya.

Singkirkan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyingkirkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Ini karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat mengakibatkan gangguan software yang menyebabkan HP mencet sendiri.

Biasakan untuk fokus terhadap aplikasi yang memang sedang digunakan. Jika aplikasi lainnya tidak sedang digunakan silakan tutup aplikasi. Seperti diketahui, HP juga memiliki keterbatasan. Proses yang terlalu berat akan membuat lelah perangkat.

Lepaskan pelindung layar atau tempered glass

Mengingat HP mencet sendir juga bisa disebabkan karena adanya kotoran yang terjebak di antara layar HP dan tempered glass. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melepaskan pelindung layar.

Setelah itu bersihkan kembali layar secara menyeluruh dan pastikan tidak ada kotoran tersisa. Lalu pasang kembali tempered glass yang baru.

Atur ulang pengaturan smartphone

Masalah HP mencet sendiri bisa diatasi dengan mengatur ulang semua pengaturan ke default. Proses ini hampir sama dengan reset pabrik tetapi data masih tersimpan dengan baik di perangkat. Selain itu pastikan juga untuk selalu update sistem operasi ke versi terbaru.

Lakukan reset pabrik

Jika dengan mengatur ulang semua pengaturan ke default tidak berhasil, bisa dengan melakukan langkah yang lebih ekstrim, yakni reset pabrik. Dengan begini, HP akan dikembalikan ke pengaturan yang benar-benar awal.

Semua data juga akan ikut terhapus dengan cara ini. Meski cara ini memang akan merepotkan karena harus mencadangkan data, namun kemungkinan besar pengaturan ulang pabrik akan menyelesaikan masalah HP mencet sendiri.


Cabut kabel charger

HP mencet sendiri kerap terjadi ketika hp terhubung ke charger. Ini biasanya terjadi karena penggunaan charger dengan kualitas buruk. Untuk itu, jika mendapati HP mencet sendiri saat melakukan pengisian daya, coba untuk lepas charger dan gunakan charger yang direkomendasikan pabrik.

Bawa ke tempat service

Apabila cara-cara diatas belum bisa juga untuk mengatasi masalah HP mencet sendiri, itu berarti harus membawa HP ke tempat service. Biasanya, di tempat service akan dilakukan penggantian hardware. Disarankan untuk melakukan servicekegerairesmi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3312 seconds (0.1#10.140)