WhatsApp Hentikan Dukungan Backup Chat Tanpa Batas di Google Drive

Selasa, 09 Januari 2024 - 09:14 WIB
loading...
WhatsApp Hentikan Dukungan Backup Chat Tanpa Batas di Google Drive
WhatsApp mulai menghentikan dukungan backup chat tanpa batas yang ada di Google Drive dalam update terbaru. Foto: WhatsApp
A A A
JAKARTA - Biasanya, update atau pembaruan WhatsApp terbaru selalu menambahkan fitur-fitur yang juga baru. Tapi, update Beta WhatsApp yang paling anyar ini justru membawa kabar buruk bagi pengguna.

Pembaruan yang dihadirkan justru akan mengentikan dukungan backup chat tanpa batas di Google Drive . Dilansir dari Gadget360, WhatsApp dilaporkan mulai menghentikan dukungan untuk backup chat tanpa batas di Google Drive bagi mereka yang telah mendaftar untuk menerima pembaruan beta aplikasi.

Platform berkirim pesan instan milik Meta ini juga tidak lagi menawarkan penyimpanan cloud gratis untuk pengguna smartphone Android, nasib mereka kini serupa dengan pengguna yang mengakses WhatsApp di iOS.

Meskipun perubahan tersebut saat ini hanya memengaruhi WhatsApp versi beta, diperkirakan penghentian dukungan juga bakal berlaku untuk semua pengguna smartphone Android dalam beberapa minggu atau bulan mendatang.

Apa pentingnya sih Backup Chat di WhatsApp? Fitur Backup Chat di WhatsApp sangat penting karena akan menyalin semua detil percakapan kita.
Seandainya HP hilang atau pengguna berganti HP, maka semua history percakapan tetap ada.

MySmartPrice melaporkan bahwa WhatsApp telah mulai menghentikan dukungan untuk backup chat tanpa batas di Google Drive untuk penguji beta di Android. WhatsApp mulai menampilkan banner backup hanya berlaku dalam waktu 30 hari.

Pengguna WhatsApp yang terpengaruh oleh perubahan ini akan mendapat notifikasi yang memberi tahu mereka bahwa mereka memiliki waktu satu bulan sebelum backup chat mulai terhitung dalam kuota penyimpanan Google Drive mereka.

Dengan begitu pengguna tidak bisa lagi mengakses backup chat tanpa batas yang tidak akan menghabiskan ruang di Google Drive seperti yang ditawarkan sebelumnya.



Untuk diketahui, ini bukan pertama kalinya Google membatasi akses penyimpanan gratis di layanan cloud-nya. Pada bulan Februari 2022, perusahaan mengakhiri dukungan untuk pencadangan foto "asli" tanpa batas untuk pemilik Pixel 3 dan Pixel 3 XL, tiga tahun setelah smart tersebut diluncurkan.

Meta menghentikan dukungan untuk pencadangan foto tanpa batas dan gratis untuk semua pengguna pada 2020, dengan menyatakan bahwa mereka memiliki lebih dari satu miliar pengguna pada saat itu dengan lebih dari 4 triliun unggahan dan 28 miliar unggahan mingguandaripengguna.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2743 seconds (0.1#10.140)