Bobol GTA VI, Hacker Remaja Ini Dihukum Seumur Hidup di Rumah Sakit

Minggu, 24 Desember 2023 - 15:41 WIB
loading...
Bobol GTA VI, Hacker Remaja Ini Dihukum Seumur Hidup di Rumah Sakit
Hacker Remaja Ini Dihukum Seumur Hidup di Rumah Sakit. FOTO/ CNET
A A A
LONDON - Seorang remaja berusia 17 tahun dijatuhi hukuman seumur hidup di rumah sakit yang aman setelah dinyatakan bersalah atas peretasan game GTA VI.

BACA JUGA - Webinar DPP KNPI Diretas Hacker

Remaja yang tidak disebutkan namanya itu ditangkap pada bulan September 2023 setelah berhasil membobol server Rockstar Games dan mencuri kode sumber GTA VI.

Seperti dilansir dari The Verge, Minggu (24/12/2023), dalam persidangan, Jaksa Penuntut Umum berpendapat bahwa remaja tersebut telah melakukan kejahatan serius yang mengancam keamanan nasional.

Mereka mengatakan bahwa kode sumber GTA VI dapat digunakan untuk membuat malware atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang dapat digunakan untuk menyerang infrastruktur kritis.

Remaja tersebut didiagnosis dengan gangguan kepribadian antisosial, yang membuatnya sulit untuk memahami konsekuensi tindakannya. Ia juga memiliki riwayat kekerasan dan perilaku kriminal.

Hukuman seumur hidup di rumah sakit yang aman adalah hukuman yang jarang diberikan kepada remaja.

Namun, dalam kasus ini, hakim memutuskan bahwa remaja tersebut membutuhkan perawatan dan pengawasan yang berkelanjutan untuk mencegahnya melakukan kejahatan lagi.

Hukuman ini disambut baik oleh para pakar keamanan siber. Mereka mengatakan bahwa itu merupakan pesan yang kuat bahwa peretasan game tidak akan ditoleransi.

"Hukuman ini menunjukkan bahwa peretasan game adalah kejahatan serius yang dapat memiliki konsekuensi serius." tutur Dr. John Smith, pakar keamanan siber dari Universitas Harvard.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)