Segera Meluncur dalam Waktu Dekat, Detail Spesifikasi PS5 Pro Bocor

Selasa, 19 Desember 2023 - 12:30 WIB
loading...
Segera Meluncur dalam Waktu Dekat, Detail Spesifikasi PS5 Pro Bocor
PlayStation 5 Pro. FOTO/ Daily
A A A
TOKYO - Bocoran tentang PlayStation (PS) 5 Pro semakin menguat seiring dengan peluncurannya yang semakin dekat. Dikatakan bahwa konsol game buatan Sony ini akan membawa peningkatan signifikan, bahkan dibanding versi slim.



Sebagaimana dilansir dari Tom's Guide, Selasa (19/12/2023), meskipun PS5 Pro masih akan menampilkan chip AMD all-in-one Zen 2 dengan delapan core dan 16 thread, namun boost clock-nya akan ditingkatkan hingga 4,4 GHz.

GPU PS5 Pro juga digadang-gadang akan mengalami perombakan besar, di mana kali ini didasarkan pada arsitektur RDNA 3 AMD, tidak lagi RDNA 2, bahkan beberapa rumor menyebut PS5 Pro menggunakan unit ray tracing RDNA 4.

Sama seperti yang dilakukan AMD dengan chip mobile Ryzen-nya, chip yang akan memberi daya pada PS5 Pro juga dapat menampilkan XDNA 2 NPU atau Neural Processing Unit untuk mempercepat teknik peningkatan pembelajaran mesin milik Sony.

Berdasarkan postingan dari pengguna ResetEra RandomlyRandom67, ini akan menjadi salah satu fokus inti PS5 Pro dengan cara yang mirip dengan cara PS4 Pro memanfaatkan papan catur rendering sehingga beberapa game bisa tampil di 4K pada frame rate lebih tinggi dari 30 FPS.

Awal pekan ini, Intel meluncurkan chip Meteor Lake baru yang dilengkapi NPU mereka sendiri yang dirancang untuk menangani beban kerja AI dengan lebih baik. AMD melakukan hal serupa dengan prosesor seluler Seri Ryzen 8040 barunya yang dapat menjalankan beban kerja AI secara lokal, bukan di cloud.

Meskipun laptop AI disebut-sebut sebagai produk besar berikutnya oleh Intel, PS5 Pro mungkin juga menjadi yang pertama menggunakan teknologi ini. Tapi mengingat ini masih rumor, kita tunggu saja apalah rumor ini akan tepat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)