Bikin Gerah, Ternyata Ini Penyebab AC di Rumah Tidak Dingin

Jum'at, 15 Desember 2023 - 16:13 WIB
loading...
Bikin Gerah, Ternyata Ini Penyebab AC di Rumah Tidak Dingin
AC sudah menjadi solusi sejak lama untuk mendinginkan ruangan, termasuk di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Suka bikin gerah, ternyata ini lho beberapa penyebab AC tidak dingin di rumah. Yuk ketahui segera supaya nggak mengganggu aktivitas karena suhu ruangan yang panas.

AC sudah menjadi solusi sejak lama untuk mendinginkan ruangan. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis sehingga dapat membuat orang-orang mudah berkeringat saat melakukan aktivitas.

Makanya, ketika AC mengalami masalah seperti tidak dingin, tentu ini akan membuat kita merasa tidak nyaman atau bahkan mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, yuk ketahui penyebabnya pada artikel berikut ini.

Penyebab AC Tidak Dingin

1. Tekanan Freon pada AC Kurang

Freon bermanfaat sebagai bahan pendingin seperti AC dan kulkas. Oleh karena itu, freon yang kurang atau habis, bisa menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin.

Sebenarnya, freon hanya perlu diisi sekitar 4-5 tahun sekali saja. Namun, jika AC milikmu harus lebih sering diisi freonnya, mungkin ada penyebab lain seperti pipa freon yang bengkok/patah sehingga menyebabkan freon bocor.

2. Filter AC Kotor

Salah satu penyebab utama AC tidak dingin adalah filter yang kotor atau tersumbat. Filter berfungsi untuk menangkap debu dan kotoran dari udara sebelum disalurkan ke dalam ruangan. Jika filter kotor, aliran udara menjadi terhambat, menyebabkan penurunan efisiensi pendinginan.

3. Listrik yang Bermasalah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3803 seconds (0.1#10.140)