Mengenal Fitur Ray Tracing di Smarthone, Apa Gunanya?

Rabu, 13 Desember 2023 - 18:32 WIB
loading...
Mengenal Fitur Ray Tracing di Smarthone, Apa Gunanya?
Ray tracing akan jadi fitur yang banyak dibicarakan di smartphone di 2024. Tapi, banyak yang belum memahami kegunaannya. Foto: Samsung Newsroom
A A A
JAKARTA - Chipset Samsung Exynos 2400 digadang-gadang bakal memberikan dampak besar terhadap grafik di smartphone. Salah satunya, karena fitur ray tracing yang benar-benar berbeda. Apa fungsinya?

Samsung pernah disebut-sebut menggandeng AMD untuk membawa fitur ray tracing ke chipset Exynos buatan mereka. Namun, belakangan Samsung justru mengerjakan versi rays tracing mereka sendiri. Bahkan, teknologi yang dikembangkan SAIT (Samsung Advanced Institute of Technology) itu diklaim lebih baik dari milik AMD dan Nvidia.

Apa sebenarnya fitur ray tracing? Ray tracing adalah teknologi rendering yang memungkinkan simulasi cahaya yang realistis dengan melacak perjalanan sinar cahaya saat mereka berinteraksi dengan objek di lingkungan 3D.

Secara sederhana, ray tracing mensimulasikan perjalanan cahaya dalam dunia virtual. Metode ini digunakan untuk menciptakan grafis lebih realistis, dengan bayangan, refleksi, dan efek pencahayaan yang lebih alami.

Pada smartphone, teknologi ray tracing diharapkan bisa memberikan pengalaman visual lebih realistis. Mengapa ray tracing sebelumnya sangat susah diwujudkan di HP? Sebab, fitur tersebut butuh kekuatan komputasi yang sangat besar. Dan itu dimungkinkan lewat Exynos 2400 yang akan menjadi “the next flagship chipset” di tahun depan.

Chipset ini dibekali dengan peningkatkan pada teknologi ray tracing serta kinerja CPU hingga 1,7x dan kinerja AI hingga 14,7x.

Klaim Samsung, dengan kemampuan ray tracing yang ditingkatkan, pengguna smartphone dengan Exynos 2400 akan merasakan visual grafis yang jauh lebih realitis dan detail, salah satunya untuk gaming.

Samsung sendir akan meluncurkan HP flagship Galaxy S24 pada pertengahan Januari 2024. Galaxy S24 disebut menjadi HP Samsung pertama yang sangat berfokus pada AI, lewat dukungan chipset Exynos 2400.

Dengan Akselerator Kecerdasan Buatan/Neural Processing Unit (NPU), chipset Exynos 2400 bisa melakukan pemrosesan AI di dalam perangkat. Sehingga tidak perlu terhubung ke internet. Ini akan membuat tugas-tugas yang melibatkan AI jadi bisa diselesaikan dengan cepat.

Selain AI, kekuatan pemrosesan chipset Exynos 2400 difokuskan pada ray tracing. Nah, berikut adalah beberapa contoh kegunaan ray tracing smartphone:

1. Grafis Lebih Realistis di dalam Game
Mengenal Fitur Ray Tracing di Smarthone, Apa Gunanya?

Ray tracing memungkinkan efek pencahayaan lebih realistis dalam permainan. Misalnya, bayangan, refleksi, dan pencahayaan yang lebih akurat, membuat pengalaman bermain game lebih imersif.

2. Efek Cahaya Nyata di Aplikasi Fotografi atau Perekaman Video

Dalam aplikasi kamera atau perekam video, ray tracing memungkinkan simulasi cahaya yang lebih alami, memberikan hasil foto dan video dengan pencahayaan yang lebih realistis.

3. Penggunaan Efek Refleksi dalam Aplikasi Desain atau Penyuntingan Foto

Dalam aplikasi desain grafis atau penyuntingan foto, efek refleksi yang dihasilkan dari ray tracing dapat memberikan hasil yang lebih nyata dan mempermudah visualisasi desain.

4. Peningkatan Kualitas Grafis dalam Aplikasi Media dan Hiburan
Mengenal Fitur Ray Tracing di Smarthone, Apa Gunanya?

Dalam konteks pemutaran media, ray tracing dapat meningkatkan kualitas grafis pada aplikasi streaming, pemutar video, dan layanan hiburan lainnya, memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif.


Berikut adalah 3 contoh dampak nyata fitur ray tracing di smartphone:

1. Bayangan

Ray tracing dapat digunakan untuk membuat bayangan yang lebih realistis di game dan aplikasi. Bayangan akan mengikuti objek yang menghasilkannya, dan akan berubah secara alami saat objek bergerak.

2. Refleksi

Ray tracing juga dapat digunakan untuk membuat refleksi yang lebih realistis di game dan aplikasi. Refleks akan terlihat lebih halus dan alami, dan akan mengikuti objek yang memantulkan cahaya.

3. Pencahayaan

Ray tracing dapat digunakan untuk membuat pencahayaan yang lebih realistis di game dan aplikasi. Pencahayaan akan terlihat lebih alami, dan akan memberikan efek bayangan dan refleksi yang lebihrealistis.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)