2024, Gen Z Mulai Lirik AI Generatif di Smartphone

Rabu, 13 Desember 2023 - 17:25 WIB
loading...
2024, Gen Z Mulai Lirik AI Generatif di Smartphone
AI on Device akan jadi istilah baru di 2024, ketika HP bisa menjalankan AI Generatif langsung dari perangkat tanpa terhubung ke cloud. Foto: Samsung
A A A
JAKARTA - Penggunaan AI Generatif seperti Chat GPT menjadi kebiasaan di 2023. Tahun depan, adopsi AI generatif akan lebih lekat. Karena, hadir langsung di smartphone. Namanya, AI on Device . Apa fungsinya?

Riset terbaru Salesforce menyebut bahwa Gen Z adalah pengguna aktif AI Generatif. Sebanyak 70 persen Gen Z mengaku sudah menggunakan teknologi tersebut. Bahkan, 58 persen diantaranya mengatakan membuat banyak keputusan penting dengan bantuan AI Generatif. “Bagi Gen Z, AI Generatif membuat mereka teroganisir, dan juga nyaman dipakai,” tulis Salesforce.

Jika sebelumnya AI Generatif lebih banyak dipakai di PC, maka tahun depan trennya bakal berubah. AI Generatif akan hadir “on device” alias diproses langsung menggunakan chipset yang ada di smartphone. Sehingga, pengguna HP akan lebih mudah mencari informasi, membuat paragraf atau mentranslate materi.

Samsung menjadi salah satu pabrikan yang sangat fokus pada AI on Device.“AI on Device akan mengubah cara kita berpikir tentang ponsel selamanya,” tegas Wonjoon Choi, EVP and Head of R&D, Mobile eXperience Business. Choi menyebut, mobile AI akan membuat perubahan besar pada pengguna smartphone.

Menerjemahkan Panggilan Telepon dengan AI

Galaxy AI merupakan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan Samsung untuk perangkat mobile, seperti smartphone, tablet, dan smartwatch. Galaxy AI terdiri dari dua komponen utama, yaitu AI on-device dan AI berbasis cloud.

AI on-device adalah teknologi AI yang berjalan di perangkat mobile itu sendiri. Teknologi ini menggunakan hardware dan software yang terintegrasi di perangkat mobile untuk menjalankan algoritma AI.

Karena fitur ini terintegrasi ke dalam fitur telepon, kerumitan dalam pengggunaan aplikasi pihak ketiga akan hilang. Salah satu fitur yang paling menarik dengan adanya Galaxy AI adalah terjemahan panggilan telepon atau ucapan secara real-time.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan orang-orang yang berbicara dalam bahasa berbeda lewat fitur "AI Live Translate Call".
AI Live Translate Call akan menampilkan terjemahan real-time dalam bentuk log obrolan selama panggilan telepon.


Nah, berikut adalah keunggulan AI on device:

1. Kecepatan

AI on device dapat berjalan lebih cepat daripada AI berbasis cloud, karena tidak perlu mengirimkan data ke server cloud untuk diproses. Hal ini dapat membuat pengalaman pengguna menjadi lebih lancar dan responsif.

2. Privasi

AI on device tidak memerlukan koneksi internet, sehingga data pengguna tidak perlu dikirim ke server cloud. Hal ini dapat meningkatkan privasi pengguna.

3. Efisiensi daya

AI on device dapat menghemat daya baterai perangkat mobile, karena tidak perlu mengirimkan data ke server cloud. Hal ini dapat meningkatkan daya tahan baterai perangkatmobile.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)