Galaxy AI Hadir di 2024, Jadi Awal Tren Smartphone dengan AI Generatif

Senin, 11 Desember 2023 - 19:52 WIB
loading...
Galaxy AI Hadir di 2024, Jadi Awal Tren Smartphone dengan AI Generatif
Galaxy AI adalah teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh Samsung untuk perangkat mobile, seperti smartphone, tablet, dan smartwatch. Foto: TS2 Space
A A A
JAKARTA - Tahun depan akan ada perubahan besar di teknologi HP. Yakni, ketika pabrikan smartphone berlomba-lomba untuk mengutilisasi Generatif AI. Nantinya, pengguna akan bisa memakai platform Generatif AI seperti Chat GPT langsung dari HP.

Samsung bahkan sudah menyiapkan teknologi AI mereka sendiri yang disebut Galaxy AI . Galaxy AI diklaim akan mengubah pengalaman pengguna smartphone. Terutama dalam berkomunikasi, menikmati hiburan, juga memberi ruang untuk lebih banyak berkreasi dan produktivitas.

“Sejauh ini kami belum melihat mobile AI memicu perubahan besar di pengguna smartphone,” beber Wonjoon Choi, EVP and Head of R&D, Mobile eXperience Business. “Tapi, hal tersebut akan berubah dengan kehadiran Galaxy AI. Ini akan mengubah cara kita berpikir tentang ponsel selamanya,” tambahnya.

Mengenal Galaxy AI
Galaxy AI Hadir di 2024, Jadi Awal Tren Smartphone dengan AI Generatif

Galaxy AI adalah teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh Samsung untuk perangkat mobile, seperti smartphone, tablet, dan smartwatch.

Teknologi ini menggunakan algoritma AI untuk meningkatkan berbagai aspek perangkat mobile, seperti kualitas foto dan video, kinerja perangkat, dan pengalaman pengguna.

Galaxy AI terdiri dari dua komponen utama, yaitu AI on-device dan AI berbasis cloud.

AI on-device adalah teknologi AI yang berjalan di perangkat mobile itu sendiri. Teknologi ini menggunakan hardware dan software yang terintegrasi di perangkat mobile untuk menjalankan algoritma AI.

Karena fitur ini terintegrasi ke dalam fitur telepon, kerumitan dalam pengggunaan aplikasi pihak ketiga akan hilang.

AI berbasis cloud sendiri merupakan teknologi AI yang berjalan di server cloud. Teknologi ini menggunakan hardware dan software yang lebih powerful untuk menjalankan algoritma AI yang lebih kompleks.

Penggunaan Galaxy AI

Galaxy AI diklaim akan mengubah pengalaman mobile sehari-hari. Memang sementara ini informasi tentang Galaxy AI masih sangat terbatas. Tapi, salah satu fitur terpentingnya adalah AI Live Translate Call yang memberikan penerjemah pribadi bagi pengguna ponsel terbaru dengan Galaxy AI.

Terjemahan audio dan teks akan muncul secara real-time saat pengguna berbicara, sehingga menelepon seseorang yang berbicara bahasa lain semudah menyalakan teks saat kita menonton streaming.

Samsung mengatakan privasi pengguna tetap terjamin, termasuk dalam hal penerjemahan panggilan telepon tadi.

Ketersediaan Galaxy AI

Galaxy AI rencananya akan hadir tahun depan, ditopang chipset terbaru Exynos 2400. Maka, besar kemungkinan bahwa Galaxy AI akan melakukan debutnya di HP flagship Galaxy S24 yang dirilis awal 2024.

Selain Galaxy AI, kecerdasan buatan Samsung Gauss kabarnya juga bakal diintegrasikan ke lini produk elektronik Samsung untuk menghadirkan pengalaman AI yang baru.

Seperti Chat GPT, Samsung Gauss adalah model AI generative pertama yang dikembangkan oleh Samsung. Model ini dilatih pada dataset besar teks, kode, dan gambar, dan dapat menghasilkan teks, kode, dan gambar baru yang realistis dan kreatif.

3 Keunggulan Galaxy AI
Galaxy AI Hadir di 2024, Jadi Awal Tren Smartphone dengan AI Generatif

Galaxy AI nantinya akan bisa diakses di smartphone, tablet, dan smartwatch. Teknologi ini memiliki berbagai keunggulan, di antaranya:

1. Meningkatkan kualitas foto dan video

Galaxy AI menggunakan algoritma AI untuk meningkatkan kualitas foto dan video yang diambil dengan perangkat mobile Samsung. Algoritma ini dapat mengoptimalkan pengaturan kamera, seperti pencahayaan, warna, dan fokus, untuk menghasilkan foto dan video yang lebih jernih, tajam, dan natural.

2. Meningkatkan kinerja perangkat

Galaxy AI dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja perangkat mobile Samsung. Teknologi ini dapat memprediksi aplikasi yang akan digunakan pengguna dan menyesuaikan performa perangkat agar sesuai dengan kebutuhan aplikasi tersebut. Hal ini dapat membuat perangkat mobile Samsung menjadi lebih responsif dan hemat daya.


3. Meningkatkan pengalaman pengguna

Galaxy AI dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna perangkat mobile Samsung. Teknologi ini dapat mempelajari kebiasaan pengguna dan menyesuaikan pengaturan perangkat agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hal ini dapat membuat pengguna merasa lebih nyaman dan terbantu dalam menggunakan perangkatmobileSamsung.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)
pixels