Optimalkan Teknologi Digital dengan Inovasi Generative AI

Senin, 11 Desember 2023 - 10:02 WIB
loading...
Optimalkan Teknologi Digital dengan Inovasi Generative AI
CIO Summit 2023 acara tahunan yang diselenggaralan oleh perusahaan konsultan IT ternama, Devoteam G Cloud Indonesia pada 18-20 Oktober 2023 lalu FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam dunia teknologi yang terus bertumbuh, munculnya Generative Artificial Intelligence (Gen AI) menandai pergeseran penting dalam cara bisnis beroperasi dan berinovasi.

BACA JUGA - China Target 2030 Jadi Superpower AI

Gen AI, yang ditandai dengan integrasi kecerdasan buatan ke dalam aktivitas sehari-hari, telah memicu implementasi yang berdampak signifikan di berbagai sektor, merevolusi proses bisnis, dan membuka peluang-peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Itulah sebabnya, tema yang diangkat pada CIO Summit 2023 adalah Gen AI. CIO Summit merupakan acara tahunan yang diselenggaralan oleh perusahaan konsultan IT ternama, Devoteam G Cloud Indonesia.

“Devoteam G Cloud merupakan perusahaan konsultan IT dan juga management service yang melayani klien, khususnya terkait Google Cloud Platform. Google Cloud Platform adalah infrastruktur dengan performa tinggi untuk cloud computing, analisis data, dan machine learning. Devoteam mampu melakukan implementasi apapun bentuk workload yang dibangun di atas Google Cloud Platform.” tuturCountry Director Devoteam G Cloud Indonesia, Hendrawan Deny Ardiyatman tutur do Nusa Dua, Bali, pada 18-20 Oktober 2023 lalu.

Tak hanya pelanggan Devoteam G Cloud Indonesia, calon pelanggan pun turut berpartisipasi pada event ini, untuk melihat tren teknologi terkini dari Google Cloud dan memahami lebih dalam tentang pengaruh Gen AI bagi perkembangan bisnis. Mereka berbagi pengalaman dan mendengarkan paparan dari sederet perusahaan yang sudah berhasil melakukan pembaruan pada perusahaannya.

“Acara CIO Summit 2023 ini ditujukan untuk menyampaikan pengetahuan tentang Generative AI, serta teknologi terbaru dan fitur-fitur terkini yang dimiliki oleh Google Cloud. Para petinggi perusahaan atau pengambil kebijakan diharapkan bisa mengerti lebih dalam tentang Google Cloud serta fungsinya dalam menghadapi tantangan bisnis mereka," paparnya.

Gen AI sangat potensial untuk membantu brand dan perusahaan dalam menangani beragam tantangan bisnis dan mendukung solusi yang inovatif dalam berbagai sektor.

Sama halnya dengan produk teknologi lainnya, Gen AI akan terus berevolusi. Akan ada kecanggihan fitur yang lebih baik di masa-masa yang akan datang. Google Cloud sudah memiliki roadmap untuk pengembangan Gen AI yang akan dirilis secara bertahap. Jika digunakan secara tepat, perkembangan kecanggihan fitur Gen AI tersebut dipastikan bisa menjawab atau mempermudah kebutuhan bisnis di kemudian hari, menjadi solusi yang lebih inovatif dan menguntungkan.

Integrasi yang sukses dari Gen AI ke dalam bisnis memerlukan pertimbangan hati-hati terhadap implikasi etis, transparansi, dan akuntabilitas. Memastikan algoritma AI yang adil dan tidak bias, melindungi privasi konsumen, dan menjaga keamanan data adalah poin penting yang perlu ditangani dalam jagat teknologi yang terus berkembang ini. Bisnis seharusnya memprioritaskan praktik AI yang bertanggung jawab, menginvestasikan pelatihan berkelanjutan, dan terus memantau perkembangan praktik terbaik di industri, untuk mengatasi tantangan-tantangan dalam implementasi Generative AI secara efektif.

Sebagai kesimpulan, implementasi Gen AI dalam operasi bisnis menawarkan berbagai manfaat, mulai dari peningkatan efisiensi dan pengalaman pelanggan yang lebih baik, hingga memupuk inovasi dan pertumbuhan. Seiring dengan teknologi AI terus berkembang, mengadopsi Gen AI akan menjadi sangat krusial bagi perusahaan yang berusaha untuk tetap kompetitif dan tangkas dalam pasar global yang begitu dinamis.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6288 seconds (0.1#10.140)