3 Aplikasi Apple Karya Developer Indonesia, Ada yang Berfungsi Mencari Masjid di Perjalanan

Rabu, 06 Desember 2023 - 21:15 WIB
loading...
3 Aplikasi Apple Karya Developer Indonesia, Ada yang Berfungsi Mencari Masjid di Perjalanan
Aplikasi jalur berfungsi untuk mencari masjid terdekat bagi mereka yang ingin Sholat ketika berada di perjalanan. Foto: Jalur
A A A
JAKARTA - Ternyata banyak developer Indonesia yang berkontribusi mendesain aplikasi untuk Apple . Aplikasinya beragam dan sangat bagus. Bahkan, ada yang fungsinya untuk mencari masjid bagi meraka yang ada di perjalanan.

Apple sendiri ternyata memiliki program Apple Developer Academy di Indonesia. Terbaru, program tersebut baru saja meluluskan 400 siswa dari kampus-kampus di Jakarta, Surabaya, dan Batam.

Para siswa telah menyelesaikan program selama 10 bulan di mana mereka mempelajari dasar- dasar pemograman serta kompetensi profesional, desain, dan pemasaran.

Selain itu, program ini juga memberdayakan siswa dengan serangkaian keterampilan yang diperlukan untuk membuat aplikasi yang berdampak bagi ekonomi aplikasi iOS yang sedang berkembang pesat di Indonesia.

“Apple ingin membantu memberdayakan komunitas pengembang aplikasi di Indonesia yang terus bertumbuh," ujar Susan Prescott, Vice President Apple untuk Worldwide Developer Relations.

Sejak dibuka pada 2018, Apple Developer Academy telah melatih lebih dari 2.000 calon pengembang di Indonesia, bermitra dengan Universitas BINUS di Jakarta, Universitas Ciputra di Surabaya, dan Infinite Learning di Batam.

Sebanyak 90% alumni dari Apple Developer Academy pada tahun-tahun sebelumnya telah mendapatkan pekerjaan di sektor aplikasi Indonesia.

Nah, berikut adalah beberapa aplikasi untuk Apple yang dirancang oleh developer asal Indonesia:

Jalur
3 Aplikasi Apple Karya Developer Indonesia, Ada yang Berfungsi Mencari Masjid di Perjalanan

Aplikasi Jalur membantu para pengemudi dalam menjalankan ibadah selama perjalanan jauh dengan mengidentifikasi masjid yang sesuai di sepanjang rute mereka, sesuai dengan waktu sholat setempat.

Memanfaatkan teknologi Apple seperti MapKit, Core Location, dan Notification User Framework, Jalur menyarankan masjid yang paling sesuai berdasarkan waktu sholat, dengan mempertimbangkan preferensi pengguna seperti waktu yang dibutuhkan untuk persiapan sebelum sholat.

Hal ini bertujuan untuk memberi dampingan keimanan bagi para pengemudi yang memiliki pekerjaan. “Ketika berada di jalan, tim kami secara pribadi mengalami kesulitan untuk menemukan masjid untuk beribadah tepat waktu,” ungkap Nindya Rosalia, desainer UI/UX untuk Jalur.

“Kami menyadari bahwa hal ini merupakan tantangan yang sering dialami oleh para pengemudi di Indonesia yang menghabiskan waktu berjam-jam dalam perjalanan dari satu kota ke kota lainnya,” tambah Nindya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)